FAUZAN, WILDAN FAQIH (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN RAWAT INAP DI KLINIK GRIYA HUSADA II TASIKMADU. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (496kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (873kB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (424kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (749kB)
Abstract
Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan tersebut. Berdasarkan hasil survei kepuasan jumlah pasien BPJS rawat inap yang banyak menimbulkan beberapa masalah, seperti pelayanan tenaga medis yang kurang maksimal. Tujuan penelitian mengetahui tingkat kepuasan pasien BPJS Terhadap Pelayanan Pelayanan Rawat Inap di Klinik Pratama Griya Husada II Tasikmadu berdasarkan 5 dimensi (Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible).
Metode penelitian jenis penelitian deskriptif, pendekatan penelitian ini bersifat cross sectional. Populasi sebanyak 30 pasien BPJS dalam satu bulan. dengan sampel penelitian sebanyak 30 pasien BPJS rawat inap.
Hasil dan pembahasan analisis data menunjukkan bahwa analisis kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat inap pada dimensi reliability didapatkan hasil sangat puas sebesar (97%), pada dimensi responsiveness didapatkan hasil sangat puas sebesar (98%), pada dimensi assurance didapatkan hasil sangat puas sebesar (98%), pada dimensi emphaty didapatkan hasil sangat puas sebesar (99%), pada dimensi tangible didapatkan hasil sangat puas sebesar (96%).
Kesimpulan dari dimensi Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Tangible menyatakan pasien BPJS merasa sangat puas terhadap pelayanan di Klinik Pratama Griya Husada II Tasikmadu. Saran sebaiknya di Klinik Pratama Griya Husada II Tasikmadu tetap mempertahankan kinerja terhadap pelayanan yang dapat memuaskan pasien BPJS dari kelima dimensi kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien BPJS, Pasien Rawat Inap, Dimensi Kepuasan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 21 Oct 2023 04:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2023 04:06 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2389 |