ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN KUNJUNGAN ULANG POLI UMUM TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN DI PUSKESMAS JATEN II KARANGANYAR TAHUN 2023

SULAKSANA, HAFIZH JATMIKA (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN KUNJUNGAN ULANG POLI UMUM TERHADAP PELAYANAN PENDAFTARAN DI PUSKESMAS JATEN II KARANGANYAR TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

ABSTRAK
HAFIZH JATMIKA SULAKSANA
Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Kunjungan Ulang Poli Umum Terhadap Pelayanan Pendaftaran di Puskesmas Jaten II Karanganyar
Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan sangat penting untuk diperhatikan karena dapat menggambarkan kualitas pelayanan di tempat pelayanan kesehatan tersebut. Berdasarkan hasil survey kepuasan kurangnya jumlah petugas pendaftaran di Puskesmas Jaten II Karanganyar menimbulkan beberapa masalah, seperti pelayanan petugas pendaftaran kurang cepat dan pelayanan pendaftaran tidak dimulai tepat waktu. Tujuan penelitian mengetahui tingkat kepuasan pasien kunjungan ulang poli umum terhadap pelayanan pendaftaran di Puskesmas Jaten II Karanganyar berdasarkan 5 dimensi (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy).
Metode penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 1.263 pasien kunjungan ulang poli umum pada bulan Januari 2023. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dengan besar sampel 93 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Pengolahan data menggunakan collecting, editing, coding, tabulasi, dan penyajian data.
Hasil dan pembahasan analisis data diketahui bahwa tingkat kepuasan pasien kunjungan ulang pada dimensi Tangible tertinggi sebesar (84%), pada dimensi Reliability tertinggi sebesar (83%), pada dimensi Responsiveness tertinggi sebesar (84%), pada dimensi Assurance tertinggi sebesar (86%), dan pada dimensi Empathy tertinggi sebesar (85%).
Kesimpulan dari dimensi Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy menyatakan kepuasan pasien kunjungan ulang poli umum tehadap pelayanan Puskesmas Jaten II Karanganyar adalah tinggi. Saran perlu adanya pertimbangan penambahan tenaga medis agar proses pelayanan dilakukan tepat waktu, perlu pertimbangan penambahan kursi tunggu di ruang pendaftaran, petugas harus lebih sabar dalam bertugas dan bersikap lebih ramah kepada pasien, meningkatkan komunikasi kepada pasien agar pasien paham dengan informasi yang diberikan, dan kecepatan petugas pendaftaran dalam melayani pasien perlu ditingkatkan.

Kata kunci : Kepuasan Pasien, Kunjungan Ulang, TPPRJ
Kepustakaan : 15 (2012-2022)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Kunjungan Ulang, TPPRJ
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:04
Last Modified: 21 Oct 2023 04:04
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2391

Actions (login required)

View Item
View Item