RAGIL, ELGA PUTRI (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR. R. SOEHARSO SURAKARTA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (509kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (452kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (921kB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (429kB)
Abstract
ABSTRAK
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENDAFTARAN ONLINE PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF. DR. S SOEHARSO SURAKARTA
Elga Putri Ragil
Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Sakit Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta, pelaksanaan sistem pendaftaran online masih mengalami beberapa kendala. Pasien mengeluhkan pendaftaran secara daring dianggap merepotkan dan lebih memilih pendaftaran secara langsung melalui loket. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan pendaftaran online pasien rawat jalan berdasarkan 5 dimensi kualitas, yaitu Kehandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan Kepastian (Assurance), Empati (Emphaty), dan Bukti Fisik (Tangible).
Metode penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan kuesioner. Populasi penelitian adalah pasien rawat jalan yang mendaftar secara online sebanyak 24.338 pasien dan didapatkan sampel 100 pasien. Analisis data menggunakan univariat. Pengukuran kuesioner menggunakan skala Guttman.
Hasil penelitian didapatkan kualitas pelayanan pendaftaran pada dimensi Kehandalan (Reliability) sudah baik (95,25%), pada dimensi Daya Tanggap (Responsiveness) sudah baik (97,25%), pada dimensi Jaminan Kepastian (Assurance) sudah baik (100%), pada dimensi Empati (Emphaty) sudah baik (98%), dan pada dimensi Bukti Fisik (Tangibles) sudah baik (95,25%).
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kualitas pelayanan pendaftaran online pasien rawat jalan di Rumah Sakit Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta sudah baik dengan perolehan 97,25% pasien menilai dengan baik pelayanan pendaftaran online. Sebaiknya petugas pendaftaran online di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta lebih meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran online, khususnya pada dimensi Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan Kesehatan, dan Bukti Fisik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas, Pelayanan pendaftaran online, Pasien rawat jalan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 07 Nov 2023 02:29 |
Last Modified: | 07 Nov 2023 02:29 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2482 |