HARYANTI, MONICA ANGGUN (2023) Analisis Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pada Waktu Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan pasien JKN di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta tahun 2022. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (493kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (426kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (454kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (651kB)
Abstract
ANALISIS STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) PADA WAKTU
PENYEDIAAN DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN PASIEN
JKN DI RUMAH SAKITPANTI WALUYO SURAKARTA TAHUN 2023
Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta merupakan rumah sakit dengan
kunjungan tertinggi pada rawat jalan di bulan Februari 2023 sebanyak 5.300
kunjungan. Berdasarkan survei pendahuluan diketahui bahwa 10 DRM,
menunjukkan 6 DRM atau 60% tepat waktu penyediaan dokumen rekam medis
≤10 menit sedangkan berdasarkan Standar Operasional Prosedur
No.RM.SPO.0054/2022 di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta yaitu maksimal
10 menit. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan penyediaan DRM
rawat jalan dan faktor serta upaya dalam mengatasi unsur 5M (Man, Money,
Methods, Machine, Materials).
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross
sectional. Sampel 372 DRM dengan teknik accidental sampling. Instrumen
penelitian berupa pedoman observasi, wawancara dan tabel. Pengolahan data
collecting, editing, tabulasi, penyadian data. Analisis dilakukan secara deskriptif.
Presentase ketepatan waktu penyediaan DRM rawat jalan berdasarkan Standar
Pelayanan Minimal yaitu 100%. Pada pasien baru terdapat 88 DRM (44,30%)
sedangkan yang tidak tepat waktu sebanyak 98 DRM (52,70%). Pasien lama
sebanyak 123 DRM (66,13%) sedangkan yang tidak tepat waktu sebanyak 63
DRM (33,87%). Faktor yang mempengaruhi ketidaktepatan waktu penyediaan
DRM rawat jalan di Rumah Sakit adalah ditemukan ada 3 Petugas Distribusi
berlatar belakang pendidikan SMA atau SMK dan machine di ruang distribusi
berupa printer hasil cetak warnanya samar-samar, serta SIMRS yang masih di
proses pengembangan.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu pelaksanaan penyediaan DRM rawat
jalan di Rumah Sakit Panti Waluyo sudah berdasarkan SPM dan SPO
No.RM.SPO.0054/2022. Rumah Sakit sebaiknya memberi pelatihan pada petugas
distribusi yang berlatar belakang pendidikan SMA atau SMK, melakukan
perencanaan service atau perawatan pada mesin di bagian rekam medis setiap satu
bulan sekali, memberi reward kepada petugas yang melaksanakan pekerjaannya
dengan baik agar dipertahankan, membubuhkan standar waktu penyediaan DRM
rawat jalan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DRM, ketidaktepatan waktu penyediaan |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 25 Oct 2023 08:17 |
Last Modified: | 25 Oct 2023 08:17 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2540 |