PALUPI, HENING RATRI (2024) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DINAS SOSIAL KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (586kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (307kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (728kB)
Abstract
ABSTRAK
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DI DINAS SOSIAL KOTA SURAKARTA
Oleh :
Hening Ratri Palupi
190101138
Perkembangan sistem informasi sekarang sangat cepat dan pesat, tidak sedikit yang menggunakan sistem informasi untuk membantu kemudahan dalam bekerja, salah satunya yaitu berbasis web. Dinas Sosial Kota Surakarta memiliki program rujukan pelayanan yang bernama Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). Sistem yang berjalan saat ini masih dengan cara manual dimana warga datang ke Dinas Sosial kemudian melaporkan maksud/ tujuan kedatangan serta memberikan data diri. Kemudian data ditulis dalam buku agenda dan petugas pelayanan mengentri menggunakan ms.excel untuk arsip digitalnya. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian untuk merancang sistem informasi pelayanan sosial di Dinas Sosial Kota Surakarta.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode warterfal dengan tahapan studi kelayakan sistem, investigasi sistem, analisa sistem, perancangan sistem, penerapan sistem, peninjauan dan perawatan. Metode yang digunakan dalam pelaksnanaan analisis sistem menggunakan metode analisa pieces, dimana terdapat workflow, sistem, use case diagram, actifity diagram, class diagram dan kemudian testing menggunakan teknik black box.
Sistem informasi ini memiliki 3 hak akses yaiu, Admin, Petugas Pelayanan dan Pejabat Dinas. Admin dan Petugas Pelayanan dapat menginput (CRUD) data pelayanana, user dan juga mencetak dokumen. Sedangkan Pejabat Dinas dapat mengakses data yang sudah diinputkan saja. Hasil kuisioner dari 7 responden (3 hak akses yaitu Petugas Pelayanan, Pejabat Dinas dan Admin) yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan setuju jika sistem informasi ini diterapakan dan pada setiap kasus uji coba yang sudah dipraktikkan hasilnya sesuai dan berhasil.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan Kesejahteraan, Sosial, Sistem Informasi, Web |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:36 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:36 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2606 |