YUNITASARI, AULIA INDAH (2024) SISTEM REKOMENDASI BARANG DAGANGAN MENGGUNAKAN METODE CONTENT BASED PADA TOKO ACCESSORIES. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (477kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (250kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (237kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (481kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (894kB)
Abstract
Perusahaan yang menjual barang terus berupaya untuk meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produknya kepada pembeli melalui berbagai strategi pemasaran. Seiring perkembangan teknologi, perusahaan kini dapat memanfaatkan sistem rekomendasi untuk memperkenalkan beragam produk kepada konsumen. Metode content based filtering adalah salah satu pendekatan yang digunakan dalam sistem rekomendasi untuk memprediksi konten yang disukai oleh pengguna berdasarkan aktivitas mereka.
Pada penelitian ini, sebuah aplikasi toko aksesoris, "Kaka Accessories", telah dibangun dan menerapkan sistem rekomendasi menggunakan metode content based filtering. Pengujian dilakukan untuk mengukur akurasi model dan respons pengguna terhadap rekomendasi yang diberikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi memiliki akurasi sebesar 80.0%, menandakan kemampuannya dalam memberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi pengguna.
Evaluasi oleh pakar di bidang toko aksesoris juga menghasilkan tanggapan yang positif, dengan tingkat kesesuaian rekomendasi mencapai 90% dan tingkat relevansi sebesar 85%. Respons positif dari pengguna juga menegaskan bahwa rekomendasi yang diberikan oleh sistem dianggap sesuai dan membantu dalam memilih produk yang menarik. Pengembangan lebih lanjut terhadap kemudahan penggunaan sistem dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Dengan demikian, implementasi sistem rekomendasi di toko aksesoris telah memberikan dampak positif dalam memperkenalkan produk kepada konsumen dan meningkatkan pengalaman belanja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akesoris,Sistem rekomendasi,Content Based Filtering |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 13 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 13 Aug 2024 02:41 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2611 |