SISTEM REKOMENDASI BARANG DAGANGAN MENGGUNAKAN METODE CONTENT BASED PADA TOKO ACCESSORIES

YUNITASARI, AULIA INDAH (2024) SISTEM REKOMENDASI BARANG DAGANGAN MENGGUNAKAN METODE CONTENT BASED PADA TOKO ACCESSORIES. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

Perusahaan yang menjual barang terus berupaya untuk meningkatkan penjualan dengan memperkenalkan produknya kepada pembeli melalui berbagai strategi pemasaran. Seiring perkembangan teknologi, perusahaan kini dapat memanfaatkan sistem rekomendasi untuk memperkenalkan beragam produk kepada konsumen. Metode content based filtering adalah salah satu pendekatan yang digunakan dalam sistem rekomendasi untuk memprediksi konten yang disukai oleh pengguna berdasarkan aktivitas mereka.
Pada penelitian ini, sebuah aplikasi toko aksesoris, "Kaka Accessories", telah dibangun dan menerapkan sistem rekomendasi menggunakan metode content based filtering. Pengujian dilakukan untuk mengukur akurasi model dan respons pengguna terhadap rekomendasi yang diberikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem rekomendasi memiliki akurasi sebesar 80.0%, menandakan kemampuannya dalam memberikan rekomendasi yang sesuai dengan preferensi pengguna.
Evaluasi oleh pakar di bidang toko aksesoris juga menghasilkan tanggapan yang positif, dengan tingkat kesesuaian rekomendasi mencapai 90% dan tingkat relevansi sebesar 85%. Respons positif dari pengguna juga menegaskan bahwa rekomendasi yang diberikan oleh sistem dianggap sesuai dan membantu dalam memilih produk yang menarik. Pengembangan lebih lanjut terhadap kemudahan penggunaan sistem dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Dengan demikian, implementasi sistem rekomendasi di toko aksesoris telah memberikan dampak positif dalam memperkenalkan produk kepada konsumen dan meningkatkan pengalaman belanja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akesoris,Sistem rekomendasi,Content Based Filtering
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:41
Last Modified: 13 Aug 2024 02:41
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2611

Actions (login required)

View Item
View Item