OKTAVIANI, FRIDA INDAR (2024) EVALUASI PELAYANAN INFORMASI OBAT DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (351kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (375kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (448kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (444kB)
Abstract
FRIDA INDAR OKTAVIANI. 2024, EVALUASI PELAYANAN INFORMASI
OBAT DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS
KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO JAWA TENGAH, SKRIPSI,
FAKULTAS ILMU KESEHATAN, UNIVERSITAS DUTA BANGSA,
SURAKARTA.
Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan layanan pertama dalam bidang kesehatan dasar. Setiap puskesmas pasti memiliki masalah kesehatan yang ada dan berpotensi terjadi di wilayah kerjanya dan hal ini harus diatasi melalui peningkatan mutu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pelayanan informasi obat dan kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Puskesmas Kartasura dengan menggunakan kuesioner terhadap 100 responden. Teknik analisis data dengan menggunakan metode Uji Univariat, Uji Bivariat, Uji Chi Square, metode CSI (Customer Satisfaction Index) dan metode IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien secara keseluruhan.
Hasil penelitian tentang evaluasi pelayanan informasi obat di Puskesmas Kartasura, Kabupaten Sukoharjo dapat disimpulkan bahwa pasien dengan evaluasi terkait pelayanan mempunyai tingkat pengetahuan baik sebanyak (40persen), cukup sebanyak (33 persen) dan kurang sebanyak (27persen) terhadap pelayanan informasi obat di
Puskesmas Kartasura. Berdasarkan hasil penelitian terkait kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Kartasura dari metode gap berada pada indeks negatif yang artinya pasien belum puas dengan pelayanan yang diberikan dengan nilai gap yaitu tangible (bukti fisik) (-0.51) reliability (kehandalan) (-0.40), responsiveness (daya tanggap) (-0.43), assurance (Jaminan) (-0.41), dan empathy (kepedulian) (-0.34).
Hasil analisis CSI (Customer satisfaction Index) termasuk dalam kategori sangat puas yaitu dengan nilai sebesar 84,84 persen. Hasil penelitian terkait sosiodemografi dan pelayanan informasi obat tidak ada hubungan dengan nilai p-value tertinggi yaitu pada karakteristik jenis kelamin (0.795). Hasil penelitian terkait sosiodemografi dan kepuasan pasien pada dimensi dirasakan pada karakteristik pekerjaan ada hubungan
terkait dengan kepuasan pasien dengan nilai (0.040). Hasil penelitian di dapat tidak ada hubungan terkait pelayanan informasi obat dengan kepuasan pasien (dirasakan) dengan nilai p-value (0.263). Hasil analisis IPA menunjukkan kuadran I menjadi prioritas perbaikan meliputi tanda pengenal, fasilitas ruang tunggu dan tanggap menangani pasien terkait obat, petugas farmasi dapat menangani masalah dan
memberikan solusi dengan cepat dan tepat di Puskesmas Kartasura.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi pelayanan informasi obat, kepuasan pasien, puskesmas |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Farmasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:39 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 06:39 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2628 |