Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Di Rumah Sakit UNS

OKTAVIANI, RITA (2024) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Di Rumah Sakit UNS. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Kualitas Pelayanan Instalasi Farmasi Di Rumah Sakit UNS
Rita Oktaviani
Kepuasan pasien merupakan indikator penting bagi kualitas pelayanan, semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka akan semakin naik juga citra jasa pelayanan tersebut dimata konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan pasien Rawat Inap terhadap kualitas pelayanan Instalasi Farmasi di rumah sakit UNS, mengetahui berapa nilai indeks kepuasan dan mengetahui faktor-faktor yang perlu diperbaiki agar kepuasan pasien rawat inap terhadap kualitas pelayanan instalasi farmasi di rumah sakit UNS dapat terpenuhi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil analisis uji SERVQUAL yaitu nilai kepuasan secara keseluruhan berada pada indeks nilai negatif, artinya bahwa pasien belum merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan di Instalasi Farmasi rawat inap di rumah sakit UNS dimana dimensi berwujud -0,38 dimensi kehandalan -0,36 dimensi ketanggapan -0,43 dimensi jaminan -0,45 dimensi empati -0,32. Hasil nilai CSI (Customer Satisfaction Index) secara keseluruhan 5 dimensi pada instalasi farmasi rawat inap di rumah sakit UNS diperoleh nilai CSI sebesar 85,23% dengan kategori sangat puas. Hasil nilai IPA (Importance Performance Analysis) menunjukkan kuadran I menjadi prioritas utama untuk perbaikan meliputi; responsiveness Petugas farmasi belum sepenuhnya bersikap simpatik, assurance petugas farmasi rawat inap belum merata dalam memberikan informasi tentang efek samping dari obat yang digunakan dan informasi tentang yang harus dihindari selama pengobatan serta empathy pasien masih merasa menunggu lama pada petugas farmasi rawat inap dalam melakukan pelayanan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Instalasi Farmasi, SERVQUAL, CSI, IPA
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Farmasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:58
Last Modified: 08 Jul 2024 04:58
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2640

Actions (login required)

View Item
View Item