ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PRODUK TOKO ONLINE By_andwe DENGAN ALGORITMA LEXICON

Ridwan, Avin Nolis (2024) ANALISIS SENTIMEN PADA ULASAN PRODUK TOKO ONLINE By_andwe DENGAN ALGORITMA LEXICON. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (566kB)

Abstract

Saat ini kegiatan berbelanja online menjadi hal biasa bagi kebanyakan manusia. Hal ini membuat segala kebutuhan manusia dapat terpenuhi dengan efektif dan efisien. Namun, dibalik manfaat positif yang diberikan, terdapat juga hal negatif yang dirasakan. Maraknya penipuan yang dilakukan oknum penjual online membuat banyak calon pembeli menjadi jauh lebih selektif, hal ini berpotensi mengurangi niat beli. 75% pembeli online selalu melakukan investigasi ke toko bersangkutan sebelum melakukan pembelian. Ketidakpercayaan pembeli menjadi tantangan serius bagi seller online untuk dapat mengevaluasi layanan yang diberikan. By_andwe merupakan salah satu toko online yang terkena dampak. Penjualan yang cenderung stagnan, persaingan dengan toko online besar, hingga kesulitan mengevaluasi kinerja toko menjadi masalah yang kini dihadapi.
Penelitian dilakukan untuk mengatasi permasalahan dengan menganalisis sentimen ulasan produk dengan algoritma Lexicon. Metode Lexicon pada penelitian ini menggunakan kamus InSet Lexicon berbahasa Indonesia. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah pengambilan data atau pengumpulan data dengan cara observasi langsung ke toko online di marketplace shopee, pre-processing data, pelabelan data, dan pengembangan sistem menggunakan waterfall.
Hasil analisis sentimen menunjukan nilai positif sebesar 79.64%, negatif sebesar 15%, dan netral sebesar 5.36% dengan nilai akurasi sebesar 84.2% dari total 280 data ulasan. Sistem dibuat dalam bentuk website menggunakan framework Streamlit serta diuji menggunakan BlackBox testing dengan hasil semua fitur berhasil berjalan sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Toko Online, Analisis Sentimen, Lexicon, InSet Lexicon,Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:17
Last Modified: 09 Sep 2024 03:18
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2667

Actions (login required)

View Item
View Item