PENGEMBANGAN GAME TERAPI BAGI ANAK AUTISME BERBASIS MOTION CAPTURE DENGAN METODE OPTIMASI KALMAN FILTER

DM, Nikolas Antoni (2024) PENGEMBANGAN GAME TERAPI BAGI ANAK AUTISME BERBASIS MOTION CAPTURE DENGAN METODE OPTIMASI KALMAN FILTER. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (590kB)

Abstract

ABSTRAK

Pengembangan Game Terapi Bagi Anak Autisme Berbasis Motion capture dengan Metode Optimasi Kalman Filter

Anak-anak dengan gangguan autisme seringkali menghadapi tantangan signifikan dalam perkembangan kemampuan motorik dan interaksi sosial, yang dapat menghambat integrasi mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini mengembangkan solusi inovatif berupa game terapi interaktif berbasis teknologi motion capture untuk membantu anak-anak autisme meningkatkan keterampilan motorik mereka. Urgensi penelitian ini terletak pada kebutuhan akan metode terapi yang efektif, menyenangkan, dan dapat disesuaikan untuk kebutuhan khusus anak-anak autisme. Metode optimasi Kalman Filter diimplementasikan untuk meningkatkan akurasi dan kualitas deteksi gerakan dalam proses motion capture, memastikan pengalaman bermain yang lebih responsif dan imersif. Pengembangan game melibatkan kolaborasi dengan terapis, psikolog, dan pakar terkait untuk merancang aktivitas yang sesuai. Antarmuka permainan dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan khusus anak-anak autisme, menggunakan elemen visual dan audio yang menarik dan tidak mengganggu. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan akurasi deteksi gerakan hingga 90% dengan penerapan Kalman Filter. Game terapi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan motorik, koordinasi tubuh, serta motivasi dan keterlibatan anak-anak autisme dalam proses terapi. Kebermanfaatan penelitian terlihat dari peningkatan kemampuan motorik anak-anak autisme, yang berkontribusi pada perkembangan kemandirian dan keterampilan sosial mereka. Penelitian ini menawarkan pendekatan baru dalam terapi anak autisme, menggabungkan teknologi canggih dengan metode terapi yang menyenangkan dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Autisme, Game Terapi, Motion capture, Kalman Filter
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:52
Last Modified: 09 Sep 2024 02:52
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2668

Actions (login required)

View Item
View Item