ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI UDEMY DENGAN MENGGUNKAN METODE NAÏVE BAYES

Susanto, Joko (2024) ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA APLIKASI UDEMY DENGAN MENGGUNKAN METODE NAÏVE BAYES. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (424kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

Berkembangnya pembelajaran online memungkinkan lebih banyak orang belajar dalam berbagai bidang tanpa batasan waktu atau tempat. Banyak pengguna memilih Udemy, sebuah platform yang menawarkan berbagai kursus online dalam bidang seperti bahasa asing, teknologi, desain, dan bisnis. Namun, ada kebutuhan untuk memahami apakah pengalaman belajar di Udemy memenuhi harapan pengguna.
Penelitian ini bertujuan menerapkan algoritma Naive Bayes dalam analisis sentimen komentar pengguna terkait aplikasi Udemy. Algoritma Naive Bayes dipilih karena kemudahannya dan efisiensinya, serta kemampuannya menghasilkan hasil baik pada dataset kecil. Proses analisis melibatkan pengumpulan data komentar pengguna, pra-pemrosesan teks, dan penerapan algoritma Naive Bayes untuk mengklasifikasikan sentimen.
Respon pengguna terhadap kursus online di Udemy dikategorikan menggunakan Naive Bayes menjadi sentimen positif, netral, dan negatif, dengan tingkat akurasi 75.61 persen untuk train-test split 10 persen, 71.78 persen untuk split 20 persen, dan 70.49 persen untuk split 30 persen. Meskipun akurasi ini lebih rendah dibanding penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh hindun dkk. (2022), menggunakan aplikasi Ruangguru (yang mengklasifikasikan ulasan menjadi positif dan negatif dengan akurasi rata-rata 88.2 persen), perbedaan ini dapat dijelaskan oleh variasi dalam data, aplikasi, dan teknik pelabelan yang digunakan. Penelitian sebelumnya menggunakan pelabelan dengan kamus atau polaritas kata, sementara penelitian ini menggunakan pelabelan berbasis rating, yang mengkategorikan ulasan menjadi tiga kelas, sehingga meningkatkan kompleksitas klasifikasi. Secara keseluruhan, hasil ini menunjukkan bahwa meskipun akurasi lebih rendah, metode yang digunakan tetap efektif dan dapat memberikan wawasan bagi pengembang platform untuk meningkatkan layanan di Udemy.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kursus, Naive Bayes, Udemy, Sentimen
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:30
Last Modified: 09 Sep 2024 03:30
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2676

Actions (login required)

View Item
View Item