LESTARI, Yuni Rahma (2020) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE DENGAN MENERAPKAN CRM PADA ENKA CELLULAR SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Repository_160101062.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (873kB)
Abstract
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE DENGAN MENERAPKAN CRM PADA ENKA CELLULAR SUKOHARJO
Oleh :
Yuni Rahma Putri Lestari
160101062
Internet merupakan perkembangan teknologi yang sangat berpengaruh dalam kegiatan sehari-hari, yang memberikan kemudahan dalam menjalin komunikasi atau berinteraksi antara masyarakat, dan dapat memperluas wawasan bagi pengguna. Enka Cellular merupakan usaha yang berkembang dan bergerak di bidang penjualan Handphone dan accesories Handphone. Berbagai macam produk yang dijual di Enka Cellular diantaranya handphone dan berbagai macam accesories handphone seperti softcase, charger,headset, perdana paketan, dan lain-lain. Permasalahan yang terjadi pada Enka Cellular yaitu sistem penjualan pada Enka Cellular yang berjalan saat ini masih manual yaitu dengan pelanggan datang ke toko Enka Cellular untuk melakukan transaksi.
Sistem yang diusulkan oleh penulis yaitu membuat website E-Commerce dengan menerapkan CRM menggunakan metode pengembangan sistem RAD (Rapid Application Development), analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES, dan metode pemodelan data UML dengan penggambaran alur sistem yang berjalan menggunakan workflow dengan Use Case Diagram, Class Diagram, dan Sequence Diagram. Sistem akan diuji menggunakan blackbox, dan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MYSQL.
Hasil penelitian ini yaitu dengan menggunakan website E-Commerce dengan menerapkan CRM dapat digunakan untuk dapat memaksimumkan komunikasi atau pemasaran produk , dan memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dengan memberikan promo atau diskon belanja untuk minimal pembelian dan pelanggan yang berulang tahun, fitur chat online, dan halaman FAQ (Frequently Ask Question), melakukan update produk baru dan dapat menyimpan laporan penjualan dengan database.
Kata Kunci : E-Commerce, CRM, Website
DAFTAR PUSTAKA
Abdi Pandu Kusuma , Kurniawan Agus Prasetya. 2017. Perancangan Dan Implementasi E-Commerce Untuk Penjualan Baju Online Berbasis Android . Jurnal Antivirus.
A.C. Prof. Dr. Sri Mulyani. 2016. Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi SisteMatika.
Ariawan, Jesa., dan Sri Wahyuni. 2015. Aplikasi Pengajuan Lembur Karyawan Berbasis Web. Jurnal Sispotek Global. Vol. 5 nomor 1, Maret 2015
Bekti, Bintu Humairah. 2015. Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweaver CS6, CSS dan JQuery. Yogyakarta: ANDI
C, K, Laudon., Traver. (2017). E-Commerce 2014, 10th Edition. Pearson
Diki Susandi dan Sukisno. 2017. Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear. Jurnal Sistem Informasi
Fauzi, A., & Harli, E. (2017). Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(1), 76-81.
Hidayatullah, Priyanto dan Kawistara, Khairul Jauhari. 2015. Pemrograman Web. Bandung: Informatika
Hikmah. Agung Baitul, Supriadi. Deddy, Alawiyah. Tuti. 2015. Cara Cepat Membangun Website dari Nol Studi Kasus : Web Dealer Motor. Yogyakarta. CV Andi Offset.
Hutahaean, Japerson. 2015. Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.
Iriandini, Anggita P dkk. 2015. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan PT Gemilang Libra Logistics Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 23 No. 2, Juni: hal. 1-8.
Kesuma, C., & Rahmawati, L. (2017). Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Purnama 2 Banyumas. Indonesian Journal on Networking and Security, Vol 7(No 3), 1–9.
Krismaji, (2015), Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Keempat, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN. Yogyakarta
Linda Durotul Ummah . 2018. Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management. Jurnal Nuansa Informatika
Munandar. ( 2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung
Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F. & Rahmadi, H., 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Volume I.
Ningsih, dkk 2016. “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan.” dalam Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 30. No. 1.
Onu, Fergus U, Chinelo. V. Umeakuka. (2016). Object Oriented Programming (OOP) Approach to the Development of Student Information Management System. Ebonyi State University, Abakaliki-Nigeria: International Journal of Computer Applications Technology and Research.
Romney, Marshall B. dan Steinbart, (2015), “Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi 13, alihbahasa: Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari, Salemba Empat, Jakarta.
Safrina Aswati, M. S. (2017). Studi Analisis Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Matrik, 20-27.
Sudiati, Edy Listiarini. Didik Purwanto. 2017. Analisa dan Rancang Bangun Customer Relationship Management Pada BKAD Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Journal Speed Vol.9 No.3.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukamto, Rosa A dan M.Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.
Suyono, Adelina Ayu. Ulfiatin. 2016. Analisis Aplikasi Integrated postal Operations System (iPos) Pada PT. Pos Indonesia (Persero) KPRK Jombang menggunakan Metode Pieces. Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi Vol.2 No.1.
Wardhana, Reza Eka. 2016. Pengaruh Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mie Rampok Tahanan Surabaya). Jurnal Manajemen. Vol 4 No 3
Wasiyanti, Sri dan Roholesi Talaohu. 2016. Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Web Pada Apotek Kondang Waras Depok. Jurnal Paradigma Vol.15 No.2-September 2016
Wicaksono, B., & Samsinar, S. (2019). ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (E-CRM) DALAM PENINGKATAN PELAYANAN DAN LOYALITAS PASIEN KIROPRAKTIK (STUDI KASUS: PURI CHIROPRACTIC). IDEALIS: InDonEsiA journaL Information System, 2(3), 87-93.
Wijiyanto, W., 2011. PENINGKATAN HASIL PENJUALAN BATIK KELOMPOK KONVEKSI RUMAHAN MELALUI PEMASARAN LEWAT INTERNET DI KAMPUNG TEGAL AYU KELURAHAN BUMI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA. DutaCom, 1.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 21:14 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 01:59 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/274 |