Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Anlisis Sentimen Kepuasan Pelayanan Dan Fasilitas (Studi Kasus: Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo)

Putra, Hasda Surya (2024) Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Anlisis Sentimen Kepuasan Pelayanan Dan Fasilitas (Studi Kasus: Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (508kB)

Abstract

Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah. Peran rumah sakit ini di tengah masyarakat Sukoharjo sangat penting dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan fasilitasnya. Opini dan penilaian dari masyarakat juga mempengaruhi penilaian terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Penilaian yang besar dapat dilihat pada review Google Maps, yang mana akan memakan waktu bagi masyarakat. Keluhan masyarakat pada review Google Maps terhadap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo menjadi objek dasar penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan untuk membuat aplikasi analisis sentimen menggunakan algoritma Naive bayes. Data yang digunakan untuk pengujian adalah data ulasan pengunjung dari 3 tahun terakhir yang berjumlah 209 yang diambil dari ulasan Google Maps Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yaitu menggunakan metode waterfall. Terdapat analisa sistem menggunakan metode PIECES, sementara itu media untuk menggambarkan sistem menggunakan rich picture dan flowchart.
Sistem memiliki 4 menu yaitu menu dashboard, Naive bayes, data set, dan log out. Untuk menu Naive bayes berisi 5 sub-menu untuk memproses data. Hasil pengujian dengan menggunakan 10% data uji dan 90% data training menunjukkan hasil akurasi 95% yang dimana hasil tersebut menunjukkan sistem sudah berjalan dengan baik. Selain itu, hasil pengujian black box testing menunjukkan bahwa tidak terdapat eror dan aplikasi berjalan dengan baik.
https://journal.ittelkom-sby.ac.id/jaiit/article/view/566

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis sentimen, Fasilitas, Naïve bayes, Pelayanan, Rumah sakit, Ulasan pengunjung
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:28
Last Modified: 18 Sep 2024 02:28
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2781

Actions (login required)

View Item
View Item