Putra, Hasda Surya (2024) Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Anlisis Sentimen Kepuasan Pelayanan Dan Fasilitas (Studi Kasus: Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (324kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (357kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (37kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (348kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
Abstract
Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah. Peran rumah sakit ini di tengah masyarakat Sukoharjo sangat penting dilihat dari tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan dan fasilitasnya. Opini dan penilaian dari masyarakat juga mempengaruhi penilaian terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Penilaian yang besar dapat dilihat pada review Google Maps, yang mana akan memakan waktu bagi masyarakat. Keluhan masyarakat pada review Google Maps terhadap Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo menjadi objek dasar penelitian ini.
Penelitian ini dilakukan untuk membuat aplikasi analisis sentimen menggunakan algoritma Naive bayes. Data yang digunakan untuk pengujian adalah data ulasan pengunjung dari 3 tahun terakhir yang berjumlah 209 yang diambil dari ulasan Google Maps Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yaitu menggunakan metode waterfall. Terdapat analisa sistem menggunakan metode PIECES, sementara itu media untuk menggambarkan sistem menggunakan rich picture dan flowchart.
Sistem memiliki 4 menu yaitu menu dashboard, Naive bayes, data set, dan log out. Untuk menu Naive bayes berisi 5 sub-menu untuk memproses data. Hasil pengujian dengan menggunakan 10% data uji dan 90% data training menunjukkan hasil akurasi 95% yang dimana hasil tersebut menunjukkan sistem sudah berjalan dengan baik. Selain itu, hasil pengujian black box testing menunjukkan bahwa tidak terdapat eror dan aplikasi berjalan dengan baik.
https://journal.ittelkom-sby.ac.id/jaiit/article/view/566
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis sentimen, Fasilitas, Naïve bayes, Pelayanan, Rumah sakit, Ulasan pengunjung |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 02:28 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 02:28 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2781 |