HIDAYAT, ALMARANDA AISYANISSA (2024) PENERAPAN METODE COLLABORATIVE FILTERING UNTUK SISTEM REKOMENDASI SKINCARE BERDASARKAN TIPE KULIT. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (421kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (269kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (607kB)
Abstract
Skincare mengacu pada produk perawatan kulit. Kulit sendiri merupakan bagian terluar dari tubuh yang memiliki fungsi penting dalam melindungi organ-organ di bawahnya dari faktor eksternal dan sebagai tempat ekskresi keringat. Maka dari ituproduk skincare sangat dibutuhkan. Sebagaimana tujuan dari produk ini untuk menenangkan, memulihkan, memperbaiki, dan melindungi kulit. Produk-produk ini dirancang khusus untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit normal, kering, berminyak, sensitif, atau kombinasi, sehingga penting bagi pengguna untuk memilih produk yang tepat agar mendapatkan hasil yang optimal. Seiring dengan meningkatnya kesadaran dan minat masyarakat terhadap pentingnya perawatan kulit akan menyebabkan pertumbuhan produk skincare di pasar yang semakin pesat, sehingga sering kali menyulitkan pengguna dalam memilih produk yang sesuai.
Dalam upaya membantu pengguna menemukan produk skincare yang paling sesuai dengan kebutuhan kulit mereka, metode Collaborative Filtering akan digunakan untuk mengembangkan sistem rekomendasi skincare berbasis website. Metode ini berfokus pada analisis penilaian dan preferensi pengguna terhadap produk skincare, serta membangun model yang mampu mengenali pola kesamaan antar pengguna berdasarkan perilaku dan preferensi mereka. Matriks cosine similarity digunakan untuk menghitung tingkat kesamaan tersebut, yang kemudian digunakan untuk memberikan rekomendasi produk berdasarkan preferensi dan karakteristik yang serupa.
Hasil dari penerapan metode Collaborative Filtering ini menunjukkan efektivitasnya dalam menyesuaikan rekomendasi produk dengan preferensi pengguna, dengan tingkat kesalahan yang sangat rendah, yaitu hanya 0,245 atau dalam persentase, yaitu 24,5%. Dalam artian sistem mampu memberikan rekomendasi yang akurat untuk membantu pengguna menemukan produk skincare yang paling relevan dan sesuai dengan kebutuhan perawatan kulit mereka. Dengan demikian, metode ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pengguna, tetapi juga mendukung mereka dalam mencapai hasil perawatan kulit yang lebih baik, menjadikannya solusi yang efektif dalam memilih produk skincare dari banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran.
https://journal.ittelkom-sby.ac.id/jaiit/index
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Collaborative filtering, Sistem rekomendasi, Skincare |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 01:20 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 01:20 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2846 |