SISTEM INFORMASI PELAYANAN LAUNDRY DENGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE (Studi Kasus : Griya Laundry Mbak Dwi)

Azahara, Fatimah Naim (2024) SISTEM INFORMASI PELAYANAN LAUNDRY DENGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE (Studi Kasus : Griya Laundry Mbak Dwi). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (490kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (665kB)

Abstract

Griya Laundry Mbak Dwi merupakan salah satu usaha dibidang pelayanan jasa pencucian pakaian dengan menyediakan berbagai layanan seperti cuci kering, setrika saja dan cuci komplit (cuci kering dan setrika) di wilayah karanganyar. Customer dari laundry ialah warga sekitar terutama ibu-ibu yang tidak sempat mencuci atau menyetrika pakaiannya dikarenakan kesibukan atau hal lain. Sistem pelayanan dan transaksi di Griya Laundry ini masih bersifat manual atau belum terkomputerisasi. Yaitu, data member dan transaksinya masih transparan atau manual dengan cara di catat menggunakan kertas atau buku besar, hal ini menyebabkan sering terjadi kesalahan dalam laporannya dan kesulitan apabila ingin mencari data member yang diperlukan. Oleh sebab itu diperlukan pelayanan yang cepat serta pencatatan transaksi yang terkomputerisasi. Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang diterapkan dalam proses pemesanan laundry. Dengan mengimplementasikan CRM pada sistem laundry bertujuan untuk membantu pemilik laundry menarik member dengan mengumumkan adanya diskon pada Griya Laundry, sehingga dapat membantu hubungan yang baik kepada member. Hasil pengembangan sistem menunjukkan bahwa sistem pelayanan laundry ini admin dapat mengelola data pelanggan dan transaksi, member dapat melakukan proses pemesanan, serta pemilik dapat mengecek atau melihat data laporan untuk setiap bulannya. Hasil pengujian black box menunjukkan bahwa sistem laundry ini berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Laundry, Pelayanan, Website, Black Box
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 03 Oct 2024 01:33
Last Modified: 03 Oct 2024 01:33
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2875

Actions (login required)

View Item
View Item