Rakhman, Yafa Arsyida Aulia (2024) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI RFID DALAM PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI: SEBUAH PENDEKATAN AUTENTIKASI MODEL PERAGA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (374kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Abstract
IMPLEMENTASI TEKNOLOGI RFID DALAM PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI: SEBUAH PENDEKATAN AUTENTIKASI MODEL PERAGA
Oleh:
Yafa Arsyida Aulia Rakhman
NIM. 200103115
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif untuk anak usia dini di TK Girimargo 1. Penggunaan teknologi RFID sebagai media pembelajaran dianggap memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji alat peraga interaktif berbasis teknologi RFID sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan sembilan tahapan: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; dan (9) Revisi Produk. Data dikumpulkan melalui pengujian dan pengamatan. Obyek penelitian ini adalah alat peraga interaktif yang terdiri dari empat komponen utama: website SinaukuApp, perangkat pemutar PLAY-001, perangkat registrasi REG-001, dan alat peraga RFID. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, serta uji coba pemakaian oleh anak usia dini di TK Girimargo 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga interaktif berbasis teknologi RFID yang dikembangkan terdiri dari: (1) website SinaukuApp untuk manajemen alat peraga, materi pembelajaran, pemutaran animasi, dan autentikasi RFID; (2) perangkat pemutar PLAY-001 untuk pembacaan dan pengiriman RFID ke tabel pemutaran; (3) perangkat registrasi REG-001 untuk pendaftaran RFID ke tabel registrasi; dan (4) alat peraga RFID yang berinteraksi dengan sistem untuk memutar materi pembelajaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan. Validasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori layak, sedangkan uji coba pemakaian oleh anak-anak mendapatkan kategori layak. Dengan demikian, alat peraga interaktif berbasis teknologi RFID ini dapat dikategorikan Sangat Layak sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini di TK Girimargo 1.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Anak Usia Dini, Alat Peraga Interaktif RFID, SinaukuApp. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 02:43 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 02:43 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2953 |