IMPLEMENTASI TEKNOLOGI RFID DALAM PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI: SEBUAH PENDEKATAN AUTENTIKASI MODEL PERAGA

Rakhman, Yafa Arsyida Aulia (2024) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI RFID DALAM PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI: SEBUAH PENDEKATAN AUTENTIKASI MODEL PERAGA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI RFID DALAM PENGEMBANGAN ALAT PERAGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI: SEBUAH PENDEKATAN AUTENTIKASI MODEL PERAGA

Oleh:

Yafa Arsyida Aulia Rakhman
NIM. 200103115

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang inovatif untuk anak usia dini di TK Girimargo 1. Penggunaan teknologi RFID sebagai media pembelajaran dianggap memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji alat peraga interaktif berbasis teknologi RFID sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan sembilan tahapan: (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk; (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; dan (9) Revisi Produk. Data dikumpulkan melalui pengujian dan pengamatan. Obyek penelitian ini adalah alat peraga interaktif yang terdiri dari empat komponen utama: website SinaukuApp, perangkat pemutar PLAY-001, perangkat registrasi REG-001, dan alat peraga RFID. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, serta uji coba pemakaian oleh anak usia dini di TK Girimargo 1. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga interaktif berbasis teknologi RFID yang dikembangkan terdiri dari: (1) website SinaukuApp untuk manajemen alat peraga, materi pembelajaran, pemutaran animasi, dan autentikasi RFID; (2) perangkat pemutar PLAY-001 untuk pembacaan dan pengiriman RFID ke tabel pemutaran; (3) perangkat registrasi REG-001 untuk pendaftaran RFID ke tabel registrasi; dan (4) alat peraga RFID yang berinteraksi dengan sistem untuk memutar materi pembelajaran. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan. Validasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori layak, sedangkan uji coba pemakaian oleh anak-anak mendapatkan kategori layak. Dengan demikian, alat peraga interaktif berbasis teknologi RFID ini dapat dikategorikan Sangat Layak sebagai media pembelajaran untuk anak usia dini di TK Girimargo 1.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Alat Peraga Interaktif RFID, SinaukuApp.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 11 Oct 2024 02:43
Last Modified: 11 Oct 2024 02:43
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2953

Actions (login required)

View Item
View Item