EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KECAMATAN JEBRES SURAKARTA BERDASARKAN PERMENKES 74 TAHUN 2016

AZIZAH, ANISA NUR (2024) EVALUASI PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS KECAMATAN JEBRES SURAKARTA BERDASARKAN PERMENKES 74 TAHUN 2016. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (456kB)

Abstract

Pelayanan farmasi klinik merupakan pelayanan yang langsung dan bertanggungjawab yang diberikan kepada pasien dalam rangka meningkatkan outcome terapi dan meminimalkan risiko terjadinya efek samping karena Obat, untuk tujuan keselamatan dan menjamin kualitas hidup pasien. Penelitian ini perlu dilakukan, agar pelayanan yang kurang optimal dapat diperbaiki dan pelayanan dengan mutu terbaik dapat dipertahankan untuk memperoleh kepuasan pasien dengan maksimal.
Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan pendekatan deskriptif menggunakan lembar checklist dan wawancara secara mendalam. Penelitian ini dilakukan pada periode Mei 2024 – Juni 2024. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampel penelitian sebanyak 4 responden dari Puskesmas Sibela, Puskesmas Pucangsawit, Puskesmas Purwodiningratan, Puskesmas Ngoresan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan farmasi klinis di seluruh Puskesmas Kecamatan Jebres Kota Surakarta telah dilaksanakan oleh apoteker dengan kriteria baik (72,97%) sesuai dengan Permenkes No. 74 tahun 2016, tetapi ada beberapa aspek yang belum dilakukan di beberapa puskesmas. Hal itu dapat diperbaiki dengan meningkatkan menejemen pelayanan farmasi klinis di masing-masing puskesmas agar pelayanan dapat berjalan dengan optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Farmasi Klinis, Permenkes No. 74 Tahun 2016, Puskesmas.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Farmasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 18 Oct 2024 04:05
Last Modified: 18 Oct 2024 04:05
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3111

Actions (login required)

View Item
View Item