DWIYANTI, ARIFAH NUR (2024) Sentimen Analisis Produk Azarine Sunscreen Berdasarkan Ulasan Pengguna di E-Commerce Shopee. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (380kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (431kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (6MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (468kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (517kB)
Abstract
Pemasaran yang dilakukan secara online memberikan banyak manfaat kepada
penjual dan pembeli. Kedua pihak mendapatkan keuntungan tersendiri dalam setiap
transaksi yang dilakukan. Banyak situs jual beli online yang sudah tersebar di dunia
maya, salah satunya adalah E-Commerce Shopee, dimana terdapat banyak sekali
produk yang dapat dijual belikan dan penelitian ini berfokus pada produk Azarine
sunscreen. Dalam jual beli online, ulasan pengguna merupakan hal yang sangat penting
karena dengan adanya ulasan pengguna dapat membantu perusahaan untuk
mengoptimalkan produk dan layanan berdasarkan umpan balik pelanggan. Penelitian
pada ulasan pengguna produk Azarine sunscreen merupakan penelitian kualitatif yang
menggunakan metode BERT untuk melakukan analisis terhadap sentimen pengguna
dan menghasilkan 11 ulasan dengan score sentimen = 1 “sangat negatif”, 10 ulasan
dengan score sentimen 2 “negatif”, 27 ulasan dengan score sentimen 3 “netral”, 60
ulasan dengan score sentimen 4 “positif”, dan 92 ulasan dengan score sentimen 5
“sangat positif”. Dalam metode BERT juga dilakukan perhitungan nilai akurasi
berdasarkan dua macam skala, yaitu accuracy exact dan accuracy off-by-1. Accuracy
exact menghasilkan nilai akurasi sebesar 48% dan accuracy off-by-1 menghasilkan
nilai akurasi sebesar 77,5%. Berdasarkan data ulasan yang diperoleh bauran pemasaran
4P juga berpengaruh signifikan terhadap penjualan produk Azarine sunscreen dan
dengan adanya analisis sentimen tersebut dapat memberikan informasi yang lebih
dalam mengenai penilaian pembeli terhadap produk Azarine sunscreen yang dijual di
E-Commerce Shopee.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Sentimen, Azarine, BERT, Shopee, Sunscreen |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Bisnis > S1 - Manajemen |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fhb |
Depositing User: | Perpustakaan Fhb |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 07:50 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 07:50 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3268 |