Analisis Sentimen Pada Ulasan Pelanggan Star Steak Stadion Klaten di Google Maps

BERLIANA, PUTRI KURNIA (2024) Analisis Sentimen Pada Ulasan Pelanggan Star Steak Stadion Klaten di Google Maps. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (801kB)

Abstract

Star Steak merupakan rumah makan yang menjual berbagai macam menu steak. Star Steak memiliki beberapa cabang salah satunya adalah Star Steak Stadion Klaten dengan rating yang cukup memuaskan dan dapat dilihat dari ulasan masyarakat yang terdapat pada Google Maps. Dari Google Maps bisa mendapatkan data ulasan pelanggan. Ulasan tersebut dapat dilakukan analisis sentimen untuk mengetahui apakah positif, netral atau negatif terhadap Star Steak Stadion Klaten. Penelitian ini menggunakan metode BERT (Bidirectional Encoder Representations from Transformers) dengan analisis sentiment. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat 17 ulasan dengan skor sentimen = 1 “sangat negatif”, 4 ulasan dengan skor sentimen = 2 “negatif”, 24 ulasan dengan skor sentimen = 3 “netral”, 92 ulasan dengan skor sentimen = 4 “positif”, dan 63 ulasan dengan skor sentimen = 5 “sangat positif”. Akurasi dari algoritma BERT dapat diukur dengan menggunakan dua macam skala. Perhitungan dengan skala accuracy exact menghasilkan nilai akurasi sebesar 45%, sedangkan perhitungan dengan skala accuracy off-by-1 menghasilkan niai akurasi sebesar 87,5%. Berdasarkan data ulasan bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan produk.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, BERT, Google Maps.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Hukum dan Bisnis > S1 - Manajemen
SWORD Depositor: Perpustakaan Fhb
Depositing User: Perpustakaan Fhb
Date Deposited: 11 Nov 2024 08:24
Last Modified: 11 Nov 2024 08:24
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3280

Actions (login required)

View Item
View Item