Efesiensi Saluran Pemasaran Tembakau di Kabupaten Boyolali

DEWI, ALYA SULISTYO (2024) Efesiensi Saluran Pemasaran Tembakau di Kabupaten Boyolali. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini akan menganalisis pemasaran di Kabupaten Boyolali. Diharapkan akan ada informasi sebagai acuan dalam memperbaiki alur pemasaran tembakau agar berjalan efisien dan para pelaku pemasaran memperoleh manfaat pasar sesuai dengan kontribusinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi berbagai saluran yang terlibat dalam pemasaran tembakau di Kabupaten Boyolali.
Penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, dokumentasi, dan diskusi. Jumlah sampel dapat dihitung dengan menggunakan metode perhitungan sampel dengan menggunakan rumus Lemeshow. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Mengumpulkan dan menyusun data bukanlah satu-satunya cara metode analisis deskriptif digunakan untuk memecahkan masalah saat ini. Metode ini juga mencakup analisis dan interpretasi data untuk memahami maknanya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Kabupaten Boyolali terdapat empat saluran pemasaran tembakau: 1. Petani-Konsumen; 2. Petani-Koperasi-Konsumen; 3. Petani-Pedagang Besar-Konsumen; dan 4. Petani-Pedagang Pengepul-Pedagang Besar-Konsumen. Nilai efisiensi sebesar 14% menunjukkan bahwa saluran pemasaran 2 adalah yang paling efisien. Diharapkan studi ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik yang lebih baik mengenai bagaimana saluran pemasaran tembakau di Kabupaten Boyolali dan memberikan saran yang relevan untuk meningkatkan efisiensi saluran pemasaran tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Efisiensi, Saluran Pemasaran, Tembakau, Boyolali
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 - Agribisnis
SWORD Depositor: Perpustakaan Fst
Depositing User: Perpustakaan Fst
Date Deposited: 13 Nov 2024 03:44
Last Modified: 13 Nov 2024 03:44
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3355

Actions (login required)

View Item
View Item