Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri

LESTARI, PUJI (2024) Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (667kB)

Abstract

Persaingan rumah sakit yang semakin tinggi, membuat rumah sakit harus mampu memahami kebutuhan dan harapan pasien supaya keinginan pasien dapat terpenuhi dan meningkatkan kepuasaan pasien sehingga tercipta loyalitas pasien. Pasien yang loyal merupakan aset berharga yang harus dijaga oleh rumah sakit agar memiliki daya saing yang tinggi dengan pesaing lainnya di bidang pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian observasional-analitik yang menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran dengan loyalitas pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri dengan nilai signifikan produk sebesar 0,0001 dengan koefisien korelasi 0,307, harga sebesar 0,0001 dengan koefisien korelasi 0,190, tempat sebesar 0,0001 dengan koefisien korelasi 0,289, promosi sebesar 0,0001 dengan koefisien korelasi 0,380, orang sebesar 0, 0001 dengan koefisien korelasi 0,167, proses sebesar 0,0001 dengan koefisien korelasi 0,324, bukti fisik sebesar 0,0001 dengan koefisien korelasi 0,371. Terdapat hubungan antara bauran pemasaran produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Dengan demikian Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri diharapkan untuk dapat meningkatkan bauran pemasaran sesuai dengan kebutuhan pasien sehingga dapat meningkatkan loyalitas pasien rawat jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, loyalitas, pasien rawat jalan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Adminstrasi Rumah Sakit
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:12
Last Modified: 22 Nov 2024 02:12
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3412

Actions (login required)

View Item
View Item