JAYANTI, ARISTA EKA (2024) Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (355kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (372kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (9MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (33kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (491kB)
Abstract
Rumah sakit secara konsisten tetap dituntut untuk menjalankan misinya sebagai institusi pelayanan sosial yang harus mengutamakan pelayanan berkualitas kepada masyarakat. Berdasarkan data sekunder jumlah kunjungan pasien selama 5 tahun terakhir dari tahun 2019-2023 mengalami fluktuasi. Data jumlah pasien yang mengisi kuesioner kepuasan pasien tahun 2023 sebanyak 2.080 pasien dari semua pelayanan di rumah sakit, jumlah pasien yang paling banyak mengisi pada unit rawat inap kelas III yaitu 374 kuesioner terdiri dari 24 kuesioner tentang saran dan masukan terkait pelayanan dan sarana prasarana di rumah sakit. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas IIII di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri.
Jenis penelitian yaitu kuantitatif desain penelitian analitik dan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian pasien rawat inap kelas III tahun 2023 sebanyak 3.446 pasien dan jumlah sampel 97 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling menggunakan kriteria inklusi dan ekslusi. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat.
Analisis univariat kualitas pelayanan diperoleh hasil kurang baik 12 responden (12,4%), baik 48 responden (49,5%) dan sangat baik 37 responden (38,1%), kepuasan pasien diperoleh hasil kurang puas 9 responden (9,3%), puas 54 responden (55,7%) dan sangat puas 34 responden (35,1%). Analisis bivariat menggunakan kolerasi spearman diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05 artinya terdapat hubungan signifikan dan nilai kolerasi sebesar 0,706 artinya tingkat kekuatan hubungan kuat dan searah.
Hasil diatas disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan nilai kolerasi kuat dan searah antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri. Rumah sakit harus tetap mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah baik dan meningkatkan kualitas pelayanan yang kurang baik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pasien sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kepuasan pasien, rawat inap |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Adminstrasi Rumah Sakit |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 02:13 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 02:13 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3413 |