Pengaruh Influencer Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Indriati Solo Baru

AZIZAH, DESINTA AISYAH NUR DWI (2024) Pengaruh Influencer Marketing dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Perkembangan digital yang semakin pesat membuat industri bisnis salah satunya yaitu rumah sakit yang memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk mempromosikan jasa pelayanan melalui digital marketing berupa influencer marketing dan electronic word of mouth. Penggunaan strategi pemasaran tersebut diharapkan mampu meningkatkan jumlah kunjungan, memperluas pasar yang lebih luas serta mempengaruhi keputusan pasien dalam memilih pelayanan kesehatan yang akan dipilih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh influencer marketing dan electronic word of mouth terhadap keputusan pasien dalam memilih pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Indriati Solo Baru.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dan populasi pasien poli bedah di Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan model analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel influencer marketing dan electronic word of mouth mempengaruuhi keputusan pasien dalam memilih pelayanan kesehatan sebesar 54,3% (Nilai R-Square 54,3%). Pada uji hipotesis secara parsial dan simultan pengaruh influencer marketing dan electronic word of mouth mempunyai hubungan positif signifikan terhadap keputusan pasien dalam memilih pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Dengan hasil tersebut peneliti menyarankan sebaiknya Rumah Sakit Indriati Solo Baru terus mengembangkan strategi digital marketing untuk menjangkau pasar yang lebih luas serta meningkatkan kualitas pelayanan pada pelayanan poli bedah agar mampu meningkatkan awareness sehingga upaya pemasaran yang dilakukan memberikan manfaat dengan optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Influencer Marketing, Electronic Word Of Mouth, Keputusan Memilih Pelayanan Kesehatan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Adminstrasi Rumah Sakit
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:18
Last Modified: 22 Nov 2024 02:18
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3417

Actions (login required)

View Item
View Item