Hubungan Antara Akreditasi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri Kota Surakarta

SCARLETTA, ALVIRA LENDRIANA (2024) Hubungan Antara Akreditasi Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Soelastri Kota Surakarta. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (573kB)

Abstract

Rumah Sakit adalah institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Pelayanan paripurna mengutamakan mutu dan keselamatan pasien untuk mewujudkan rumah sakit yang berdaya saing tinggi. Akreditasi rumah sakit merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit secara berkala. Akreditasi dikaitkan dengan peningkatan kepercayaan dan kepuasan pasien, serta penurunan jumlah kekhawatiran dan keluhan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Keluhan yang dapat terjadi yaitu lama waktu tunggu pelayanan, perubahan jadwal doker atau pemberitahuan informasi terkait pembatalan jadwal dokter secara tiba-tiba dan kelengkapan sarana prasarana. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSGM Soelastri Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan crossectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 650 pasien dan jumlah sampel yang didapat sebesar 87 responden dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis data univariat dan bivariat dengan uji statistik non parametrik Spearman’s rho.
Hasil penelitian ini didapatkan nilai persentase pada distribusi frekuensi variabel pelayanan kesehatan sebesar 62,1% dengan kategori baik dan pada variabel kepuasan pasien sebesar 57,5% dengan kategori puas. Untuk uji Spearman’s rho mendapatkan nilai sebesar 0,830. Karena nilai uji mendekati 1 maka terdapat hubungan yang erat. Nilai signifikasi antara variabel akreditasi dan kepuasan pasien yaitu 0,000, jika nilai signifikasi kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Jadi ada hubungan antara akreditasi dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSGM Soelastri Kota Surakarta.
Penelitian ini diharapkan akreditasi dapat digunakan untuk mengetahui dan mengontrol kualitas yang sudah dimiliki rumah sakit agar tidak terjadi penurunan jumlah pasien dan peningkatan keluhan terhadap pelayanan kesehatan serta meningkatkan kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan yang diberikan RSGM Soelastri Kota Surakarta.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kesehatan, Akreditasi, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Adminstrasi Rumah Sakit
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 22 Nov 2024 03:01
Last Modified: 22 Nov 2024 03:01
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item
View Item