Ennando, Febby Hutama Putra (2024) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN DI BANGSAL AT-TIN DITINJAU DARI DIMENSI MUTU DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (326kB)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (460kB)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (410kB)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (161kB)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (394kB)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (735kB)
Abstract
Tinjauan Kualitas Pelayanan Di Bangsal At-Tin Ditinjau Dari Dimensi Mutu
Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo
Febby Hutama Putra Ennando1
, Hesty Latifa Noor2
, Agus Trijono3
ABSTRAK
Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan akan
pelayanan kesehatan yang sesuai standar profesi dan standar pelayanan dengan
menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di rumah sakit. tujuan penelitian
ini untuk mengetahui Kualitas Pelayanan di Bangsal At-Tin Ditinjau Dari Dimensi
Mutu di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo.
Metode penelitian ini adalah kualitatif yaitu prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Di Bangsal AtTin Ditinjau Dari Dimensi Mutu di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Sukoharjo.
Populasi dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian PMKP, Kepala Ruang Rawat
Inap, Petugas Perawat, Petugas IPSRS, Petugas CS dan pasien. Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini Kualitas Pelayanan, dengan tiga dimensi mutu
tangible, reliability, responsiveness. dilaksanakan pada bulan Juli 2024 sampai
Agustus 2024. instrumen penelitian meliputi pedoman observasi, pedoman
wawancara, Data Collection (Pengumpulan Data), Data Reduction (Reduksi Data),
Data Display (Penyajian Data), Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan Bukti Fisik (Tangible) pada aspek kebersihan
Petugas kebersihan melaksanakan tugasnya dengan baik, Aspek Ketersediaan Alat
Medis dinilai sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk rumah sakit tipe
C, Aspek kondisi ruangan bangsal dapat dikatakan belum cukup baik, Keandalan
(Reliability) petugas memiliki pengetahuan yang cukup mengenai prosedur dan tata
cara pelayanan kepada pasien, Daya Tanggap (Responsiveness) kualitas pelayanan
yang baik dalam hal komunikasi, kecepatan pelayanan, dan keramahan staff.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Aspek Kebersihan masih perlu
ditingkatkan, Ketersediaan alat medis alat bantu pernapasan perlu ditingkatkan,
Kondisi ruangan di bangsal dewasa masih perlu ditingkatkan, Pelayanan Secara
Akurat dan Terpercaya Petugas medis yang ada di bangsal Rawat Inap dewasa telah
menunjukkan kompetensi yang baik dalam menjalankan tugasnya, namun tidak ada
SOP yang jelas mengenai waktu layanan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Dimensi Mutu, Kualitas Pelayanan, Rumah
Sakit
Pustaka: 29, 2005-2024.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Pelayanan, Dimensi Mutu, Kualitas Pelayanan, Rumah Sakit |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Adminstrasi Rumah Sakit |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 03:06 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 03:06 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3422 |