NINGSIH, ANI DWI (2024) Tinjauan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Tawangsari Sukoharjo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (518kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (275kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (138kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (484kB)
![[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (717kB)
Abstract
Puskesmas Tawangsari Sukoharjo memiliki pelayanan pendaftaran rawat jalan pasien BPJS yang mana berdasarkan survei pendahuluan pasien BPJS masih kurang puas terhadap pelayanan pendaftaran karena pelayanan pendaftaran tidak buka tepat waktu sehingga pasien harus menunggu lama dalam mendapatkan pelayanan, pasien mengeluh bahwa petugas kurang ramah dalam melayani dan pasien mengeluh bahwa petugas kurang jelas dalam memberikan informasi dikarenakan petugas menggunakan masker. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan berdasarkan 5 dimensi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien BPJS rawat jalan tahun 2023 berjumlah 48.207 pasien. Sampel dalam penelitian adalah 100 pasien BPJS. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan kuesioner.
Hasil penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien BPJS di TPPRJ Puskesmas Tawangsari Sukoharjo tahun 2024 berdasarkan dimensi reliability (kehandalan) pasien BPJS merasa puas. Berdasarkan dimensi responsiveness (cepat tanggap) pasien BPJS merasa puas. Berdasarkan dimensi assurance (jaminan) pasien BPJS merasa puas. Berdasarkan dimensi emphaty (empati) pasien BPJS merasa sangat puas. Berdasarkan dimensi tangibles (bukti nyata) pasien BPJS merasa sangat puas. Tingkat kepuasan pasien BPJS berdasarkan 5 dimensi yaitu pasien merasa puas dengan pelayanan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan penilaian pasien BPJS terhadap pelayanan di TPPRJ puskesmas tawangsari sukoharjo tahun 2024 dikategorikan baik. Sebaiknya petugas pendaftaran mempertahankan fasilitas kenyamanan pasien dan meningkatkan kehandalan dalam pelayanan pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Tawangsari Sukoharjo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan, pendaftaran rawat jalan, BPJS. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikes |
Depositing User: | Perpustakaan Fikes |
Date Deposited: | 13 Feb 2025 07:45 |
Last Modified: | 13 Feb 2025 07:45 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3694 |