APLIKASI DIGITAL ORGAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY

ANGGRAENI, RINY DWI (2025) APLIKASI DIGITAL ORGAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (800kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu aspek dasar dan penting yang terdapat pada proses pembelajaran. Pada era modern ini teknik pembelajaran dengan memanfaatkan media elektronik seperti smartphone dapat mebantu anak-anak lebih tertarik belajar. Di era digital yang semakin maju membuat dunia pendidikan diharuskan memiliki inovasi baru dalam cara menyampaikan materi pembelajaran pada anak agar pembelajaran semakin menyenangkan, salah satunya pada SDN 2 Gaden. Salah satu inovasi yang dapat digunakan dalam perkembangan belajar pada anak adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis augmented reality technology.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu yang pertama metode observasi merupakan metode pengumpulan data dengan cara mengamati objek yang akan diteliti, dan wawancara. Yang kedua metode studi literatur atau perpustakaan merupakan cara yang dilakukan dengan mencari informasi atau referensi pada buku-buku perpustakaan yang relevan.
Hasil pembagunan aplikasi digital organ sistem pencenaan manusia berbasi augmented reality ini menampilkan organ pencernaan berupa objek 3 dimensi dilengkapi dengan penjelasan berupa audio. Aplikasi ini diuji dengan pengujian alpha dan pengujian beta. Pada pengujian alpha diperoleh hasil bahwa aplikasi memenuhi syarat sebagai media pembelajaran yang user friendly. Dan pada pengujian beta juga menyatakan aplikasi mudah digunakan dan dapat membantu proses pembelajaran dengan diperoleh persentase responden Guru sebesar 52,5% sangat setuju dan 37,5% setuju. Sedangkan persentase responden pada siswa sebesar 32,15% sangat setuju dan 67,85% setuju.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Organ Sistem Pencernaan, Augmented Reality
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 11 Aug 2025 03:07
Last Modified: 11 Aug 2025 03:07
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3761

Actions (login required)

View Item
View Item