ANALISIS YURIDIS DAMPAK KEBIJAKAN PENGATURAN OJEK TRANSPORTASI UMUM BERBASIS APLIKASI ONLINE

HANTORO, SETYO (2025) ANALISIS YURIDIS DAMPAK KEBIJAKAN PENGATURAN OJEK TRANSPORTASI UMUM BERBASIS APLIKASI ONLINE. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (354kB)

Abstract

Sudah lebih dari 14 tahun kendaraan roda dua bermotor beroperasi di jalan melalui aplikasi "GOJEK" yang dapat diunduh dari Playstore. Hal ini membuktikan bahwa jenis transportasi penumpang dan barang ini dapat menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk menjadi sumber pendapatan utama, sehingga meningkatkan perekonomian keluarga. Kini saatnya pemerintah memberikan ruang bagi jenis transportasi baru ini untuk diakui sebagai kategori transportasi khusus dengan plat "kuning".

Pengenalan sistem transportasi baru ini telah menciptakan peluang kerja bagi masyarakat luas. Sejak didirikan pada tahun 2010 dengan hanya 10 orang, kini pada tahun 2024 jumlah mitra perusahaan ini telah berkembang menjadi lebih dari 2 juta orang. Sistem ini juga telah teruji selama pandemi COVID-19 yang memengaruhi hampir seluruh dunia. Secara khusus di Indonesia, jenis transportasi ini terbukti sangat membantu.

Secara operasional, transportasi jenis ini relatif lebih murah dan sangat terjangkau bagi para mitranya. Dapat dibayangkan berapa juta orang yang akan kehilangan pekerjaan jika pemerintah bersikeras untuk tidak mengakui jenis transportasi ini sebagai armada transportasi khusus. Disebut sebagai transportasi khusus karena: Armada jenis ini tidak memiliki basis tetap (seperti terminal) dan biasanya beroperasi dari mana saja. Namun, saat ini, karena kesadaran para mitra, mereka berkumpul di titik tertentu, sehingga menjadi tempat berkumpul para mitra ojek online.

Armada jenis ini serupa dengan kendaraan yang umum digunakan di jalan, dengan rute yang terbagi dan terpisah. Armada jenis ini dapat pergi ke mana saja, yang menjadi titik perdebatan dengan kendaraan lain yang beroperasi sesuai rute yang telah ditentukan. Namun, keberadaan armada jenis ini sudah sangat dibutuhkan, dan jelas terbukti bahwa transportasi jenis ini lebih mudah diakses untuk melayani masyarakat. Oleh karena itu, penumpang tidak perlu berjalan jauh untuk menggunakan layanan transportasi ini.

Diharapkan dengan pengakuan resmi terhadap layanan transportasi khusus ini, keselamatan dapat ditingkatkan dan kesejahteraan mitra ojek online di seluruh negeri dapat lebih terjamin.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: 14 Tahun Pelayanan Terbukti, Ojek Online, Meningkatkan Ekonomi Keluarga.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Bisnis > S1 - Hukum
SWORD Depositor: Perpustakaan Fhb
Depositing User: Perpustakaan Fhb
Date Deposited: 18 Jul 2025 03:50
Last Modified: 18 Jul 2025 03:50
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3848

Actions (login required)

View Item
View Item