ESTIKA, FAUZIAH (2025) ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA ELS COMPUTER SOLO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (570kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (8MB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
![[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (243kB)
Abstract
ABSTRAK
ANALISIS PENGARUH IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM MEMPERTAHANKAN DAN MENINGKATKAN JUMLAH KONSUMEN PADA
ELS COMPUTER SOLO
Oleh: Fauziah Estika
180101083
Kepuasan dan loyalitas konsumen menjadi salah satu faktor penting dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah konsumen dalam mencapai kesuksesan dalam bisnis. Berdasarkan hasil observasi lapangan pada ELS Computer Solo terlihat bahwa toko ini memiliki strategi Customer Relationship Management (CRM) yang bagus dan layak untuk dijadikan bahan pembahasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah benar Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pada ELS Computer Solo, dengan menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS 4 untuk menghitung dan menganalisis data yang terkumpul guna mengetahui tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer wawancara survey dan pengamatan.
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu metode statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan metode nonprobability sampling dan pengujian data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis yang dilakukan dengan melihat nilai probabilitasnya dan statistiknya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Customer Relationship Management (CRM) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen pada ELS Computer Solo.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Customer Relationship Management (CRM), Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Smartpls 4. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 02:36 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 02:36 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3874 |