APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA SMK PRESIDEN

PRAMONO, TEGUH (2025) APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA KESULITAN BELAJAR MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING PADA SMK PRESIDEN. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (752kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Kesulitan belajar itu merupakan kondisi proses belajar yang ditandai oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai kesuksesan. Kesulitan belajar ini tidak selalu disebabkan oleh faktor intelegensi yang rendah (kelainan mental) akan tetapi juga disebabkan oleh faktor-faktor non intelegensi misalnya gangguan kepribadian. Dengan demikian, Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi belum tentu mendapat jaminan keberhasilan dalam belajar. Jenis kesulitan belajar yang paling sering dan paling banyak dijumpai adalah disleksia (kesulitan membaca), disgrafia (kesulitan menulis) dan diskalkulia (Kesulitan berhitung).
Penelitian ini mengembangkan sistem pakar berbasis web untuk mendiagnosa kesulitan belajar, menggunakan metode Forward Chaining yang dirancang untuk menelusuri gejala yang diinputkan oleh pengguna hingga menghasilkan diagnosis akhir. Sistem ini mencakup enam jenis gangguan, 25 gejala, dan enam aturan diagnostik, serta mengintegrasikan metode certainty factor untuk memberikan tingkat kepastian pada hasil diagnosa. Sistem pakar ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, yang memungkinkan fleksibilitas dalam pengelolaan data dan kemudahan akses bagi pengguna.
Implementasi sistem ini dilakukan di SD Negeri Mojo 58 Sragen sebagai salah satu langkah strategis untuk membantu mengetahui gangguan belajar pada anak di lingkungan sekolah tersebut. Sistem ini diharapkan dapat mempermudah proses diagnosa gangguan kesulitan belajar dengan hasil yang cepat, akurat, dan efisien. Dengan aplikasi ini, pengguna tidak hanya dapat menerima rekomendasi diagnosa, tetapi juga terlibat dalam proses pembuatan sistem melalui umpan balik terhadap pengembang

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kesulitan belajar, sistem, pakar, forward chaining, certainty factor, diagnosa, berbasis web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 11 Aug 2025 02:34
Last Modified: 11 Aug 2025 02:34
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3876

Actions (login required)

View Item
View Item