Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor Untuk Mengetahui Gaya Belajar Anak Usia Dini

PRADANA, ARETA REZA (2025) Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor Untuk Mengetahui Gaya Belajar Anak Usia Dini. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (348kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (507kB)

Abstract

Gaya belajar merupakan aspek penting dalam proses pembelajaran, terutama bagi anak usia dini yang berada pada tahap awal perkembangan kognitif. Identifikasi gaya belajar yang tepat dapat membantu pendidik dan orang tua dalam merancang metode pengajaran yang sesuai. Anak usia dini (0 - 6 tahun) masih berada dalam fase perkembangan awal, baik dari segi kognitif, motorik, bahasa, maupun sosial-emosional. Mereka belum mampu mengungkapkan preferensi belajar secara jelas, sehingga sulit untuk mengidentifikasi gaya belajarnya secara tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pakar yang dapat membantu orang tua dan guru taman kanak-kanak dalam memahami gaya belajar anak usia dini, yaitu gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Menemukan gaya belajar sejak awal penting untuk mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan sifat anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Certainty Factor (CF), yang memungkinkan sistem untuk mengatasi ketidakpastian dalam membuat keputusan berdasarkan tingkat keyakinan dari ahli.

Langkah-langkah dalam pengembangan sistem mencakup analisis kebutuhan, pengumpulan data melalui wawancara dengan ahli pendidikan anak usia dini, perancangan sistem menggunakan metode Rational Unified Process (RUP), implementasi sistem berbasis web, serta pengujian sistem menggunakan data uji dan penilaian akurasi.

Hasil dari penelitian ini adalah sistem pakar berbasis web yang dapat menganalisis gejala yang terlihat pada anak dan memberikan saran tentang gaya belajar yang paling dominan beserta tingkat kepercayaannya. Pengujian sistem dilakukan menggunakan 12 data sampel dengan akurasi sebesar 91,67%. Dengan dimikian sistem pakar berbasis web dengan metode certainty factor untuk mengetahui gaya belajar anak usia dini berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Certainty Factor, Gaya Belajar, Anak Usia Dini, Sistem Pakar
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 26 Aug 2025 01:59
Last Modified: 26 Aug 2025 01:59
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item
View Item