NABILLAH, NABILLAH (2025) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK DI KOTA MAGELANG BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (414kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (456kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (264kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (439kB)
![[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (700kB)
Abstract
Transformasi digital dalam pelayanan publik di Indonesia menjadi langkah
strategis dalam meningkatkan efisiensi, akuntabilitas, dan kualitas layanan kepada
masyarakat. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah pengembangan Sistem
Informasi Layanan Samsat pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Magelang.
Permasalahan yang dihadapi adalah sistem antrian manual yang masih digunakan,
menyebabkan ketidakefisienan dan kurangnya keakuratan dalam manajemen
layanan. Kehadiran sistem informasi ini membantu dalam pengelolaan antrian
secara real-time, memberikan informasi layanan secara akurat, serta mempercepat
proses pelayanan publik.
Penelitian ini, metode yang digunakan dibagi menjadi dua. Pertama, metode
pengumpulan data yang terdiri dari observasi, wawancara, studi pustaka, dan
dokumentasi. Kedua, metode pengembangan sistem menggunakan model
Waterfall, dengan tahapan analisis kebutuhan menggunakan pendekatan PIECES,
perancangan sistem menggunakan diagram UML seperti use case diagram, activity
diagram, dan class diagram, serta tahap pengujian menggunakan teknik black box
dan uji coba beta kepada pengguna. Sistem dibangun berbasis web menggunakan
framework Laravel, didukung dengan database MySQL dan desain antarmuka
menggunakan Bootstrap.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem informasi samsat mal
pelayanan publik Kota Magelang berbasis web berjalan sesuai kebutuhan, dengan
tingkat kepuasan pengguna mencapai 96%. Sistem ini mempermudah pengelolaan
antrian, memberikan informasi layanan yang akurat, serta meningkatkan
transparansi dan akuntabilitas di MPP Kota Magelang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Antrian, MPP, Black Box, Waterfall |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 01:49 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 01:49 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4004 |