SISTEM REKOMENDASI INFLUENCER INSTAGRAM BERBASIS CONTENT - BASED FILTERING UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN DIGITAL

ZAHRA, ERIKA OKTAVIANA AZ (2025) SISTEM REKOMENDASI INFLUENCER INSTAGRAM BERBASIS CONTENT - BASED FILTERING UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN DIGITAL. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (663kB)

Abstract

CONTENT - BASED FILTERING UNTUK MENDUKUNG STRATEGI
PEMASARAN DIGITAL
By :
Erika Oktaviana Az Zahra
210103130
Influencer marketing merupakan salah satu strategi promosi yang popular
di Instagram yang melibatkan individu atau publik figur yang memiliki pengaruh
besar dalam mempromosikan suatu produk. Namun, saat ini masih banyak pelaku
usaha yang merasa masih kesulitan dalam memilih influencer yang tepat. Oleh
karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang mampu membantu pelaku usaha dalam
menemukan influencer yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehingga mampu
mendukung pemasaran digital.
Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah content – based filtering
dengan pendekatan cosine similarity untuk mengukur tingkat kemiripan setiap
influencer. Data pada penilitian ini diperoleh dari situs HypeAuditor. Sistem
rekomendasi influencer Instagram ini dikembangkan berdasarkan atribut atribut
performa seperti, jumlah pengikut (followers), keterlibatan audiens (engagement
rate), rata – rata suka dan komentar (average likes and comments), dan
pertumbuhan jumlah pengikut (growth rate).
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa sistem rekomendasi dapat
memberikan hasil rekomendasi yang relevan. Berdasarkan hasil pengujian kepada
20 responden pelaku usaha, sebanyak 64% responden memilih ”Sangat Setuju”,
27% ”Setuju”, dan 9% ”Netral”, tanpa ada responden yang menyatakan ”Tidak
Setuju”. Hal ini membuktikan bahwa sistem yang dikembangkan telah meme

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Rekomendasi, Influencer, Instagram, Content – Based Filtering, Pemasaran Digital
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 06 Sep 2025 01:54
Last Modified: 06 Sep 2025 01:54
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4010

Actions (login required)

View Item
View Item