ZAHRA, ERIKA OKTAVIANA AZ (2025) SISTEM REKOMENDASI INFLUENCER INSTAGRAM BERBASIS CONTENT - BASED FILTERING UNTUK MENDUKUNG STRATEGI PEMASARAN DIGITAL. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (577kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (370kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (341kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (44kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
![[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (663kB)
Abstract
CONTENT - BASED FILTERING UNTUK MENDUKUNG STRATEGI
PEMASARAN DIGITAL
By :
Erika Oktaviana Az Zahra
210103130
Influencer marketing merupakan salah satu strategi promosi yang popular
di Instagram yang melibatkan individu atau publik figur yang memiliki pengaruh
besar dalam mempromosikan suatu produk. Namun, saat ini masih banyak pelaku
usaha yang merasa masih kesulitan dalam memilih influencer yang tepat. Oleh
karena itu, dibutuhkan suatu sistem yang mampu membantu pelaku usaha dalam
menemukan influencer yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehingga mampu
mendukung pemasaran digital.
Metode yang digunakan dalam sistem ini adalah content – based filtering
dengan pendekatan cosine similarity untuk mengukur tingkat kemiripan setiap
influencer. Data pada penilitian ini diperoleh dari situs HypeAuditor. Sistem
rekomendasi influencer Instagram ini dikembangkan berdasarkan atribut atribut
performa seperti, jumlah pengikut (followers), keterlibatan audiens (engagement
rate), rata – rata suka dan komentar (average likes and comments), dan
pertumbuhan jumlah pengikut (growth rate).
Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa sistem rekomendasi dapat
memberikan hasil rekomendasi yang relevan. Berdasarkan hasil pengujian kepada
20 responden pelaku usaha, sebanyak 64% responden memilih ”Sangat Setuju”,
27% ”Setuju”, dan 9% ”Netral”, tanpa ada responden yang menyatakan ”Tidak
Setuju”. Hal ini membuktikan bahwa sistem yang dikembangkan telah meme
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Rekomendasi, Influencer, Instagram, Content – Based Filtering, Pemasaran Digital |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 06 Sep 2025 01:54 |
Last Modified: | 06 Sep 2025 01:54 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4010 |