Analisis Persaingan Ekspor Vanili Indonesia dengan Madagaskar dan Prancis di Pasar Amerika Serikat

SARI, VINANDA PUSPITA (2025) Analisis Persaingan Ekspor Vanili Indonesia dengan Madagaskar dan Prancis di Pasar Amerika Serikat. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (752kB)

Abstract

Pembahasan mengenai ekspor vanili Indonesia yang diidentifikasi pengaruh faktor penjulan vanili Indonesia ke pasar Amerika Serikat dengan fokus pada aspek persaingan global. Beberapa variabel utama dilakukan analisis meliputi kurs, serta volume ekspor dari negara pesaing. Madagaskar dan Prancis dipilih sebagai negara pembanding karena sebagai negara pesaing yang memiliki keunggulan yang diminati pasar global maupun Amerika Serikat, dengan Madagaskar sebagai produsen vanili terbesar di dunia dan Prancis sebagai pelaku aktif dalam rantai distribusi global. Indonesia memiliki peluang untuk menjadi produsen utama dan memiliki daya saing di pasar Amerika Serikat dengan meningkatkan produksi Indonesia yang memanfaatkan iklim tropis Indonesia dan ciri khas vanili Indonesia menjadi daya tarik tersendiri di pasar global. Uji independent t test, analisis regresi logistik, analisis AWOT sebagai metode analisis dengan memanfaatkan data sekunder dalam rentang waktu tahun 1999 hingga 2024. Penelitian ini mendapatkan hasil tren ekspor vanili Indonesia mengalami penurunan, terdapat dua variabel yang secara signifikan mempengaruhi peningkatan volume ekspor vanili Indonesia, yaitu nilai tukar Prancis terhadap mata uang Amerika Serikat (USD) dan volume ekspor vanili dari Prancis. Kedua variabel tersebut berpengaruh secara parsial terhadap volume ekspor Indonesia, yang menandakan bahwa fluktuasi nilai tukar dan aktivitas ekspor negara pesaing dapat mempengaruhi persaingan Indonesia global. Hal ini mempertegas pentingnya rencana ekspor adaptif terhadap dinamika pasar internasional. Meskipun demikian, terdapat faktor lain seperti kebijakan pemerintah, kualitas vanili, dan kapasitas produksi yang juga diyakini memiliki pengaruh terhadap kinerja ekspor Indonesia, namun tidak dianalisis lebih lanjut dalam penelitian ini karena fokus kajian diarahkan pada aspek persaingan antarnegara eksportir.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Vanili, Ekspor, Persaingan, Kurs, Volume
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 - Agribisnis
SWORD Depositor: Perpustakaan Fst
Depositing User: Perpustakaan Fst
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:41
Last Modified: 22 Sep 2025 08:41
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item
View Item