ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI BANK JAGO PADA GOOGLE PLAY STORE DENGAN METODE NAÏVE BAYES

SEGARANI, RENA DESTIYANA (2025) ANALISIS SENTIMEN ULASAN PENGGUNA APLIKASI BANK JAGO PADA GOOGLE PLAY STORE DENGAN METODE NAÏVE BAYES. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (372kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mendorong peningkatan pengguna layanan perbankan berbasis aplikasi, termasuk Bank Jago sebagai salah satu inovator disektor perbankan digital Indonesia. Ulasan pengguna di Google play Store menjadi sumber data yang kaya untuk memahami persepsi, kepuasan, serta keluhan pengguna terhadap aplikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sentimen dari ulasan-ulasan tersebut dengan menerapkan metode Naïve Bayes.
Naïve Bayes, salah satu algoritma atau metode klasifikasi dalam pembelajaran mesin yang dikenal sederhana namun efektif. Data dikumpulkan dari Google Play Store dan diproses melalui tahap pra-pemrosesan yang mencakup pembersihan teks, tokenisasi, penghapusan stopword, serta stemming. Sentimen kemudian dikategorikan ke dalam tiga kelas: positif, netral dan negatif.
Hasil analisis menunjukkan dominasi sentimen positif, namun juga ditemukan kritik terhadap aspek teknis dan fitur layanan. Model Naïve Bayes berhasil mengklasifikasikan data dengan tingkat akurasi 81%, menjadikannya alat yang potensial untuk menganalisis opini publik secara otomatis. Adapun hasil evaluasi menunjukkan bahwa presisi, recall, dan f1-score untuk sentimen positif berurutan adalah 0.94, 0.85, 0.89. disisi lain, kinerja model lebih rendah pada sentimen negatif dan netral. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pengembang untuk meningkatkan kualitas aplikasi berdasarkan umpan balik pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Sentimen, Bank Jago, Google Play Store, Naïve Bayes, Ulasan Pengguna
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 06 Sep 2025 02:04
Last Modified: 06 Sep 2025 02:04
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4082

Actions (login required)

View Item
View Item