Pengaruh Konten Marketing Sosial Media Instagram Terhadap Brand Image Rumah Sakit Indriati Solo Baru

ASTUTI, HANIFAH PUJI (2025) Pengaruh Konten Marketing Sosial Media Instagram Terhadap Brand Image Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (221kB)

Abstract

Indonesia menempati peringkat ke-4 dunia dengan 103 juta pengguna aktif Instagram, menjadikannya peluang strategis bagi rumah sakit dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi, edukasi, dan membangun hubungan dengan audiens. Penelitian ini mengkaji konten Instagram Rumah Sakit Indriati Solo Baru, rumah sakit swasta yang aktif dan telah terverifikasi. Rumah sakit swasta cenderung lebih fokus pada pemasaran untuk membangun citra merek. Melalui wawancara, diketahui bahwa strategi kontennya mengikuti tren (Reading New Wave), menjaga relevansi, serta dilakukan hati-hati untuk mempertahankan citra positif di era digitalisasi layanan kesehatan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk melihat pengaruh antara variabel konten marketing dan Citra Merek. Uji validitas, reliabilitas, serta uji hipotesis dilakukan guna memperoleh hasil yang sahih dan dapat dipercaya.
Hasil penelitian membuktikan bahwa konten marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek Rumah Sakit Indriati Solo Baru. Hal ini dibuktikan melalui persamaan regresi: Y = 3,838 + 0,267X, dengan nilai signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05 dan t hitung 10,048 lebih besar dari t tabel 1,984. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,507 menunjukkan kontribusi konten marketing sebesar 50,7persen terhadap citra merek. Dari lima indikator Decision Making dan Life Factors berpengaruh signifikan pada taraf 5persen, sementara tiga lainnya Persuasion, Reader Cognition, dan Sharing Motivation perpengaruh positif sebagai faktor pendukung dalam membentuk citra merek.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konten Marketing, Media Sosial, Instagram, Citra Merek, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Adminstrasi Rumah Sakit
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:19
Last Modified: 09 Sep 2025 04:19
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item
View Item