Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Asy Syifa\' Sambi

AHYUNASAKA, MAHARANI (2025) Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Asy Syifa\' Sambi. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (481kB)

Abstract

Meningkatnya jumlah kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Asy Syifa Sambi tidak diikuti dengan peningkatan tingkat kepuasan pasien yang justru mengalami penurunan meskipun masih berada dalam kategori ideal. Kondisi ini menimbulkan pertanyaan mengenai bagaimana peran citra rumah sakit dalam memengaruhi kepuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh citra merek terhadap kepuasan pasien di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Umum Asy Syifa Sambi Boyolali.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian non-eksperimental (survei analitik) dengan menggunakan rancangan studi pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling. Menggunakan analisis data analisis regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis univariate dapat diuraikan bahwa variabel citra merek dikategorikan Sangat Baik oleh 78persen responden dan 64persen responden mengategorikan tingkat kepuasan pasien dalam kategori Sangat Puas. Pada hasil analisis bivariate menggunakan metode uji analisis regresi linear sederhana, variabel citra merek memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel, yaitu sebesar 11,106 lebih besar dari 1,984 dengan tingkat signifikansi 0,00 lebih besar dari 0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, sehingga disarankan rumah sakit terus meningkatkan citra merek melalui perbaikan kualitas pelayanan, dan peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain untuk memperoleh hasil yang lebih komprehensif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Adminstrasi Rumah Sakit
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 09 Sep 2025 07:00
Last Modified: 09 Sep 2025 07:00
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4173

Actions (login required)

View Item
View Item