UTOMO, Ilham Pambudi (2020) APLIKASI PENGENALAN ALAT MUSIK GAMELAN DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID (Studi Kasus : Sanggar Seni Cakra Kauman Surakarta). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
Repository_160103020.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Download (733kB)
Abstract
Musik tradisional berkembang di suatu daerah tertentu dan menggunakan bahasa, gaya, dan tradisi khas daerah setempat. Gamelan dibedakan menjadi tiga jenis yaitu Gamelan Jawa, Gamelan Bali dan Gamelan Sunda. Tujuan dilakukan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dalam menjaga kelestarian alat musik tradisional gamelan.
Sejauh ini pengenalan alat musik gamelan hanya sekedar dari buku pelajaran atau dari menonton pertunjukan wayang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode MULTIMEDIA. Aplikasi pengenalan alat musik gamelan menggunakan teknologi augmented reality berbasis android terdiri dari ar camera, deskripsi, petunjuk dan tentang. Aplikasi diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengenal alat musik gamelan.
Dari pembangunan aplikasi pengenalan alat musik gamelan berbasis augmented reality dapat diambil kesimpulan bahwa teknologi augmented reality dapat digunakan sebagai sarana untuk mengenalkan alat musik gamelan kepada masyarakat dengan cara yang lebih mudah dan lebih menarik. Aplikasi ini akan menampilkan gambar 3D dan dari pengujian didapatkan hasil rata-rata persentasi responden menyatakan 42 % sangat setuju 54% menyatakan setuju dan 4% menyatakan biasa.
Kata kunci: gamelan, augmented reality, multimedia, ar camera.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 05 Aug 2021 03:08 |
Last Modified: | 05 Aug 2021 03:08 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/424 |