RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB BAGIAN MARKETING PT MAZZONI JAVA UTAMA

MAULIDINA, NURBAITI (2025) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI BERBASIS WEB BAGIAN MARKETING PT MAZZONI JAVA UTAMA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (695kB)

Abstract

PT Mazzoni Java Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri bumbu tabur dan saus, juga sekaligus penjualan langsung kepada distributor. Pengelolaan data administrasi marketing di PT Mazzoni Java Utama yang belum terintegrasi seringkali menyulitkan proses monitoring dan pengambilan keputusan. Aktivitas seperti pengelolaan budget, pemantauan program promosi, proses klaim dan rekapitulasi absensi tim sales marketing memerlukan sistem yang lebih efisien dan terpusat. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah sistem Informasi Manajemen Marketing berbasis web yang dapat menjadi solusi atas permasalahan tersebut.
Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian dan pemeliharaan. Sistem ini dibangun menggunakan framework Laravel dengan didukung oleh database MySQL. Untuk memastikan fungsionalitas sistem berjalan sesuai harapan, pengujian dilakukan dengan metode Blackbox Testing yang fokus pada alur kerja dari sisi pengguna.
Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi yang memiliki dua hak akses (Admin dan Manager) dengan fitur-fitur utama, antara lain: (1) Manajemen data master customer, sales, dan program (2) Alokasi dan pemantauan budget marketing per customer (3) Proses pengajuan hingga persetujuan klaim program secara digital (4) Pencatatan absensi harian tim sales (5) Manajemen inventory dasar dan (6) Modul pelaporan dinamis yang dapat diekspor ke format Excel. Berdasarkan hasil pengujian blackbox, seluruh fitur dapat berjalan dengan baik, dan hasil pengujian terhadap 6 pengguna menghasilkan skor 85,19% pengguna setuju dengan fitur dan diimplementasikannya sistem ini. Dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun telah berhasil memenuhi kebutuhan fungsional dan menyediakan sistem informasi yang efektif untuk manajemen marketing di PT Mazzoni Java Utama.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Laravel, Marketing, Black Box, MySQL
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:27
Last Modified: 17 Sep 2025 02:27
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4242

Actions (login required)

View Item
View Item