RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE RETENSI PELANGGAN DI PT. VENTURA CAHAYA MITRA

NURDIANA, RITA (2025) RANCANG BANGUN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT BERBASIS WEBSITE RETENSI PELANGGAN DI PT. VENTURA CAHAYA MITRA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (729kB)

Abstract

Pada era digital saat ini, menjaga hubungan baik dengan pelanggan menjadi
strategi penting dalam meningkatkan retensi pelanggan. PT. Ventura belum
memiliki sistem yang terintegrasi untuk mengelola data pelanggan, program
loyalitas serta umpan balik pelanggan. Proses yang dilakukan secara manual
menyebabkan kurangnya efisiensi dan kesulitan dalam memantau riwayat interaksi
pelanggan secara menyeluruh. Selain itu, sistem juga dirancang untuk menyediakan
informasi kepada pelanggan agar keterlibatan tetap terjaga dan proses retensi
berjalan optimal.
Penelitian bertujuan untuk merancang dan membangun sistem Customer
Relationship Management (CRM) berbasis website yang mendukung retensi
pelanggan. Sistem ini dikembangkam menggunakan metode prototype serta analisis
PIECES untuk mengidentifikasi kebutuhan. Perancangan dilakukan menggunakan
pemodelan UML dan dibangun menggunakan framework Laravel. Sistem ini
memiliki tiga peran utama yakni admin, customer service dan pelanggan.
Hasil pengujian black box menunjukkan seluruh fungsi berjalan sesuai
dengan kebutuhan. Pengujian beta terhadap 20 responden menunjukkan bahwa
73% pengguna menyatakan sangat setuju dan 27% setuju bahwa sistem mudah
digunakan. Dengan demikian, sistem CRM berbasis website dinilai layak sebagai
solusi dalam meningkatkan retensi pelanggan di PT. Ventura Cahaya Mitra.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM), prototype, retensi pelanggan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:53
Last Modified: 22 Sep 2025 01:53
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item
View Item