SISTEM KLASIFIKASI KEPARAHAN KECELAKAAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN RANDOM FOREST

ATSIR, EGA MUHAMMAD (2025) SISTEM KLASIFIKASI KEPARAHAN KECELAKAAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN RANDOM FOREST. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (610kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menjadi masalah besar di banyak negara, termasuk Indonesia, yang setiap tahunnya menyebabkan kerugian besar, cedera, dan korban jiwa. Mengklasifikasikan tingkat keparahan insiden secara tepat sangat penting bagi pihak berwenang untuk menetapkan tindakan pencegahan, menerapkan langkah penanggulangan yang efektif, dan meningkatkan keselamatan jalan secara keseluruhan. Teknik statistik konvensional sering kali kurang mampu menangkap hubungan kompleks di antara berbagai variabel yang memengaruhi, seperti cuaca, pengalaman pengemudi, jenis kendaraan, jumlah kendaraan yang terlibat, dan jumlah korban. Untuk mengatasi keterbatasan ini, penelitian ini mengusulkan metode klasifikasi berbasis machine learning menggunakan algoritma Random Forest, yang dikenal tangguh dalam menangani data yang kompleks dan berdimensi tinggi sekaligus mampu mengenali pola nonlinier. Model dilatih menggunakan dataset kecelakaan lalu lintas dari Kaggle dan mencakup fitur-fitur penting, seperti kelompok usia pengemudi, pengalaman mengemudi, jenis kendaraan, kondisi pencahayaan dan cuaca, jenis tabrakan, jumlah kendaraan yang terlibat, serta jumlah korban. Sistem yang diusulkan mencapai akurasi sebesar 81%, weighted precision 75%, weighted recall 81%, dan weighted F1-score 77%, yang menunjukkan kinerja andal dalam memprediksi tingkat keparahan kecelakaan—cedera ringan, cedera berat, dan cedera fatal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengambilan keputusan berbasis data, membantu pihak kepolisian dan instansi terkait dalam mempercepat respon terhadap insiden, serta menjadi dasar pengembangan sistem peringatan dini (early warning system) dan kebijakan keselamatan lalu lintas yang lebih tepat sasaran di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Klasifikasi, Random Forest, Kecelakaan Lalu Lintas, Sistem
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:01
Last Modified: 22 Sep 2025 02:01
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4404

Actions (login required)

View Item
View Item