APLIKASI PENGENALAN GAMELAN PADA KARAWITAN JATIKUSUMA MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK

ARDIANTORO, TEGUH (2025) APLIKASI PENGENALAN GAMELAN PADA KARAWITAN JATIKUSUMA MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (877kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, merancang, dan membangun Aplikasi Pengenalan Gamelan pada Karawitan Jatikusuma menggunakan metode Convolutional Neural Network (CNN). Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya pelestarian seni budaya gamelan yang memiliki banyak jenis dan variasi, sehingga diperlukan sistem yang mampu mengenali setiap instrumen secara cepat dan akurat.

Metode penelitian yang digunakan adalah model prototype, dengan tahapan pengumpulan kebutuhan, perancangan, pembuatan, evaluasi, hingga implementasi aplikasi. Dataset terdiri dari 11 jenis gamelan, masing-masing 8–15 gambar, yang dilatih menggunakan MobileNetV2 pada platform Google Colaboratory dan diekspor dalam format .tflite untuk integrasi dengan aplikasi Android berbasis Flutter. Hasil pelatihan model menunjukkan akurasi data latih sebesar 97,12%, namun akurasi validasi berkisar 35–42% yang mengindikasikan overfitting akibat keterbatasan jumlah data.

Aplikasi yang dihasilkan mampu melakukan klasifikasi gambar gamelan secara real-time dan menampilkan informasi instrumen secara interaktif, serta memberikan ketepatan hasil klasifikasi yang cukup baik. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pelestarian seni gamelan sekaligus memberikan kontribusi dalam pemanfaatan teknologi machine learning di bidang musik tradisional Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Convolutional Neural Network, Flutter, Gamelan, MobileNetV2.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:03
Last Modified: 22 Sep 2025 02:03
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4416

Actions (login required)

View Item
View Item