PUTRI, EKA APRILIA (2025) SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA KECAMATAN BATUWARNO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.
![[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
![[thumbnail of Bab 1.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
![[thumbnail of Bab 2.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
![[thumbnail of Bab 3.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of Bab 4.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (7MB)
![[thumbnail of Bab 5.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (42kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (421kB)
![[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf]](https://eprints.udb.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only
Download (858kB)
Abstract
ABSTRAK
SISTEM SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
PADA KECAMATAN BATUWARNO
Oleh :
Eka Aprilia Putri
240101098
Pelayanan publik di Kecamatan Batuwarno masih menghadapi berbagai kendala, seperti proses pencatatan buku tamu dan survei kepuasan masyarakat yang dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan ketidakefisienan, risiko kehilangan data, serta kesulitan dalam pengolahan hasil survei. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun Sistem Survei Kepuasan Masyarakat Berbasis Customer Relationship Management (CRM) berbasis website guna meningkatkan kualitas pelayanan dengan mengintegrasikan pencatatan buku tamu dan survei kepuasan masyarakat secara digital.
Metode penelitian yang digunakan adalah System Development Life Cycle (SDLC) model waterfall dengan analisis kebutuhan menggunakan kerangka PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service). Perancangan sistem dilakukan dengan pemodelan UML (Unified Modeling Language), mencakup use case diagram, activity diagram, dan class diagram. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL, dengan fitur utama seperti pengisian buku tamu digital, survei kepuasan masyarakat, perhitungan otomatis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), serta manajemen data oleh super admin, admin, dan petugas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem survei kepuasan Masyarakat berbasis customer relationship management (CRM) ini mampu mengatasi kelemahan sistem lama, seperti meningkatkan efisiensi waktu, akurasi data, dan penghematan biaya operasional. Sistem ini juga memudahkan pengunjung dalam mengisi data tamu dan survei, serta memberikan kemudahan bagi petugas dalam mengelola dan mencetak laporan. Dengan demikian, sistem ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kecamatan Batuwarno.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem, Buku Tamu, Survei Kepuasan Masyarakat, CRM, Website |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi |
SWORD Depositor: | Perpustakaan Fikom |
Depositing User: | Perpustakaan Fikom |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 02:05 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 02:05 |
URI: | https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4433 |