TRANSFORMASI DIGITAL PELAYANAN DESA MELALUI PENGEMBANGAN SISTEM SURAT KETERANGAN UMUM BERBASIS WEB

LISTYANANDA, ARDAN (2025) TRANSFORMASI DIGITAL PELAYANAN DESA MELALUI PENGEMBANGAN SISTEM SURAT KETERANGAN UMUM BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

Pelayanan administrasi desa pada umumnya masih dilakukan secara manual maupun offline sehingga mengakibatkan proses yang kurang efisien, rawan kesalahan pencatatan, dan memakan waktu. Hal ini juga terjadi di Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Wonogiri, di mana sistem pelayanan surat keterangan masih secara offline menggunakan aplikasi lokal berbasis server internal dan hanya dapat diakses perangkat desa. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi pembuatan surat keterangan umum berbasis web di Desa Kerjo Lor guna meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kemudahan dalam proses pelayanan administrasi kepada masyarakat dan agar dapat diakses secara online oleh masyarakat, dimana masyarakat bisa langsung mencetak sendiri surat tanpa harus datang ke kantor desa.
Metode penelitian menggunakan analisis PIECES untuk mengidentifikasi kelemahan sistem yang ada, serta metode pengembangan perangkat lunak System Development Life Cycle (SDLC) model Waterfall. Alat bantu perancangan yang digunakan meliputi UML (Unified Modeling Language), sementara implementasi sistem dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL.
Hasil penelitian ini adalah sistem informasi pelayanan pembuatan surat berbasis web terdapat beberapa hak akses diantaranya masyarakat, staff dan Kepala Desa. Dari pengujian black box dapat disimpulkan bahwa semua proses mulai dari request surat oleh masyarakat hingga dicetak oleh pegawai maupun masyatakat sudah berjalan dengan baik dan Perhitungan dengan skala Likert menghasilkan skor akhir 97.14%, yang menempatkan sistem ini dalam kategori "Sangat Baik". Dengan demikian, sistem ini dianggap layak untuk diimplementasikan dan dikembangkan lebih lanjut guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan administrasi di desa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PHP, MySql, Sura Keterangan, Web, Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 22 Sep 2025 02:06
Last Modified: 22 Sep 2025 02:06
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4434

Actions (login required)

View Item
View Item