Dampak Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Influencer, Dan Strategi Respons Terhadap Penjualan Coffee Shop X

ZAIN, MONICA FARISSA (2025) Dampak Pemasaran Media Sosial, Pemasaran Influencer, Dan Strategi Respons Terhadap Penjualan Coffee Shop X. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran media sosial, pemasaran influencer, dan strategi respons pelanggan terhadap penjualan aktual pada Coffee shop X di Surakarta. Penelitian dilatarbelakangi oleh semakin masifnya penggunaan media digital sebagai alat pemasaran dalam industri Fdan B, namun efektivitasnya terhadap peningkatan penjualan masih menjadi pertanyaan. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4, dan didukung oleh analisis deskriptif serta uji normalitas dengan SPSS. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari 100 responden yang merupakan pelanggan aktif Coffee shop X, serta data penjualan aktual selama 100 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran media sosial, pemasaran influencer, dan strategi respons pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan aktual. Seluruh hipotesis dalam model diterima. Nilai koefisien determinasi (R) sebesar 0,147 menunjukkan bahwa variabel bebas menjelaskan 14,7 percen variabel terikat. Nilai Q sebesar 0,015 menunjukkan bahwa model memiliki daya prediksi yang relevan meskipun masih rendah. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi pelaku usaha coffee shop dalam merancang strategi pemasaran digital yang lebih tepat sasaran serta kontribusi akademik terhadap literatur pemasaran digital di sektor UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: pemasaran media sosial, Pemasaran influencer, strategi respons, penjualan, SmartPLS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Hukum dan Bisnis > S1 - Manajemen
SWORD Depositor: Perpustakaan Fhb
Depositing User: Perpustakaan Fhb
Date Deposited: 22 Sep 2025 08:02
Last Modified: 22 Sep 2025 08:02
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item
View Item