IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEBAGAI UPAYA DIGITALISASI UMKM JAJANAN TRADISIONAL (STUDI KASUS : D\'JAJANAN)

WINANTO, BRAMUDYA ALDO (2025) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEBAGAI UPAYA DIGITALISASI UMKM JAJANAN TRADISIONAL (STUDI KASUS : D\'JAJANAN). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEBAGAI UPAYA DIGITALISASI UMKM JAJANAN TRADISIONAL (STUDI KASUS : D’JAJANAN)

Oleh :
Bramudya Aldo Winanto
210101054

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian di Indonesia. Namun masih banyak pelaku UMKM yang mengandalkan sistem manual dalam menjalankan operasional, termasuk pada pencatatan penjualan, pembukuan, maupun pemasaran produk. Hal ini juga dialami oleh usaha D’Jajanan yang bergerak di bidang kuliner tradisional. Permasalahan yang muncul adalah pencatatan stok yang tidak rapi, rawan kesalahan, serta keterbatasan jangkauan pemasaran. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan sistem informasi penjualan berbasis website sebagai solusi digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas pemasaran produk. Metode yang digunakan dalam permasalahan ini yaitu Rapid Application Development (RAD) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu business modelling, data modelling, process modelling, application generation, serta testing and turnover. Proses pengembangan dilakukan dengan memanfaatkan framework Laravel untuk backend, MySQL sebagai data basenya, serta Tailwind CSS untuk desain antarmuka. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi penjualan yang dapat digunakan oleh admin untuk mengelola produk seperti menambah, menguah, dan menghapus data produk, serta mempermudah pelanggan dalam melihat produk dan melakukan pemesanan melalui integrasi WhatsApp. Hasil pengujian menunjukan bahwa seluruh fungsi utama sistem berjalan sesuai dengan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Sistem Informasi, Penjualan, UMKM, Digitalisasi, Laravel, RAD
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:05
Last Modified: 29 Sep 2025 03:05
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4537

Actions (login required)

View Item
View Item