DESAIN UI/UX APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN SNACK DI TOKO RISKY SNACK

RISQY, TEDO ANASTA (2025) DESAIN UI/UX APLIKASI E-COMMERCE UNTUK PENJUALAN SNACK DI TOKO RISKY SNACK. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (422kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk merancang tampilan pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dari sebuah aplikasi e-commerce yang berbasis marketplace, khususnya untuk menjual produk snack di Toko Risky Snack. Beberapa masalah utama yang dihadapi oleh toko ini adalah proses transaksi yang masih manual, tidak adanya katalog digital, serta jangkauan promosi yang sangat terbatas.Untuk mengatasi masalah ini, digunakan metode Lean UX yang mencakup empat tahap, yaitu pernyataan asumsi, pembuatan prototipe awal (Minimum Viable Product), pengujian melakukan eksperimen, dan evaluasi (umpan balik dan penelitian).
Dalam proses perancangan, dilakukan pengidentifikasian kebutuhan fungsional dari perspektif pembeli dan penjual, serta pembuatan karakter pengguna yang merefleksikan sasaran pengguna.Prototipe interaktif dibuat menggunakan Figma, yang meliputi fitur-fitur seperti katalog produk, keranjang belanja, proses pembayaran, notifikasi, manajemen produk, dan pelacakan status pesanan.Pengujian dilakukan pada 10 pengguna dengan skenario tugas untuk mengukur seberapa efektif desain yang dibuat.
Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar tugas dapat diselesaikan dengan tingkat keberhasilan di atas 85%, dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya masih dalam batas yang dapat diterima.Desain antarmuka dianggap intuitif dan responsif oleh baik pembeli maupun penjual.Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Lean UX bisa menghasilkan solusi desain digital yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan mendukung transformasi digital di usaha mikro seperti Toko Risky Snack

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: UI/UX, Lean UX, E-Commerce, Snack, Marketplace, MVP, Usability Testing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:19
Last Modified: 29 Sep 2025 03:19
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item
View Item