Tinjauan Kepuasan Paien BPJS PBI Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat jalan di Puskesmas Juwiring Klaten

ARDHANA, RHENATA VERI (2025) Tinjauan Kepuasan Paien BPJS PBI Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat jalan di Puskesmas Juwiring Klaten. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (314kB)

Abstract

Pelayanan pendaftaran merupakan tahapan awal yang menentukan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan di Puskesmas. Penelitian ini menggunakan pasien BPJS PBI karena mereka merupakan kelompok masyarakat tidak mampu yang sangat bergantung pada pelayanan di Puskesmas, penelitian ini bertujuan untuk meninjau kepuasan pasien BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan di Puskesmas Juwiring Klaten berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan, yaitu: Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangibles, dan Reliability.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 94 responden diperoleh melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian di Puskesmas Juwiring Klaten pada bulan Januari tahun 2025, tingkat kepuasan pasien BPJS PBI terhadap pelayanan petugas pendaftaran rawat jalan tergolong baik pada semua dimensi mutu pelayanan. Dimensi Tangibles dan Reliability menunjukkan tingkat kepuasan tertinggi masing- masing sebesar 77,6persen, disusul oleh Responsiveness sebesar 76,9persen, Empathy sebesar 76,7persen, dan Assurance dengan nilai terendah namun tetap baik sebesar 75,9persen. Hasil ini menunjukkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan, meskipun masih diperlukan upaya peningkatan kualitas khususnya dalam hal jaminan pelayanan dan daya tanggap petugas
Hasil ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran, khususnya dalam hal efisiensi waktu dan responsivitas petugas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, BPJS PBI, Pendaftaran Rawat Jalan, Mutu Pelayanan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 26 Sep 2025 03:45
Last Modified: 26 Sep 2025 03:45
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4579

Actions (login required)

View Item
View Item