PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN DI TOKO GINCE SPORT 13

MURTI, YAYAN WISNU (2025) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN DI TOKO GINCE SPORT 13. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (587kB)

Abstract

PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGETAHUI POLA PEMBELIAN DI TOKO GINCE SPORT 13

Oleh :
YAYAN WISNU M
190101089

Toko Gince Sport 13 adalah toko yang menjual berbagai alat untuk olahraga seperti sepatu, bola sepak, pakaian olahraga, dan lain sebagainya. Transaksi dilakukan di toko yang terjadi setiap harinya memperbanyak data transaksi penjualan barang dan hanya menjadi data arsip. Data transaksi penjualan produk dapat diolah kembali menjadi sebuah data pendukung dalam pengambilan keputusan untuk menyusun strategi penjualan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan pola hubungan itemset yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi penjualan dengan menggunakan Algoritma Apriori. Sistem data mining yang dikembangkan menghasilkan pola pembelian yang dapat digunakan untuk mengembangkan strategi penjualan. Penelitian menggunakan metode waterfall dalam pengembangan sistemnya.
Dari hasil pengujian blackbox, menghasilkan sistem yang memenuhi persyaratan fungsional perangkat lunak sesuai dengan harapan. Berdasarkan hasil pengujian perhitungan algoritma apriori yang dilakukan pada data transaksi menghasilkan 19 aturan asosiasi menggunakan 17 sempel data pada bulan Juni 2024. Akurasi hasil aturan asosiasi yang terbentuk dapat dikatakan baik karena mencapai nilai akurasi 99,8% diperoleh dari perbandingan antara sistem yang dirancang, perhitungan manual, dan software tambahan rapidminer. Aturan asosiasi yang terbentuk menghasilkan sebuah kombinasi item untuk implementasi strategi penjualan yaitu bundling produk.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Algoritma Apriori, Asosiasi, Data Mining, Penjualan, Pola Pembelian
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 29 Sep 2025 03:32
Last Modified: 29 Sep 2025 03:32
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4594

Actions (login required)

View Item
View Item