Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Boyolali

ZAIN, SALSABILA IMTINAN (2025) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Boyolali. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

SALSABILA IMTINAN ZAIN

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien pada Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pandan Arang Boyolali

Pelayanan pendaftaran rawat jalan merupakan pintu utama interaksi awal pasien dengan Rumah Sakit yang sangat memengaruhi persepsi dan kepuasan pasien terhadap mutu layanan kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan dan wawancara terhadap pasien, ditemukan berbagai keluhan mengenai lamanya antrian, sistem pemanggilan yang tidak teratur, serta kurangnya fasilitas ruang tunggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien pada pelayanan rawat jalan di RSUD Pandan Arang Boyolali.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 385 responden pasien rawat jalan dengan teknik simple random sampling. Variabel yang diteliti meliputi Standar Operasional Prosedur (SOP), Sumber Daya Manusia (SDM), waktu tunggu, dan informasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pasien dipengaruhi oleh sumber daya manusia, lamanya waktu tunggu, efektivitas sistem antrian, serta kenyamanan fasilitas ruang tunggu. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan pendaftaran rawat jalan perlu ditingkatkan dalam hal efisiensi dan fasilitas penunjang.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan pendaftaran rawat jalan di RSUD Pandan Arang Boyolali perlu ditingkatkan, terutama dalam aspek efisiensi waktu tunggu, sistem antrian digital, dan peningkatan kapasitas ruang tunggu. Penulis menyarankan peningkatan sistem pemanggilan antrian secara digital, penambahan kursi di ruang tunggu, serta pelatihan petugas agar lebih responsif dan informatif.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Pelayanan Rawat Jalan.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 26 Sep 2025 08:39
Last Modified: 26 Sep 2025 08:39
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/4599

Actions (login required)

View Item
View Item